Waspada, Nyaris 1 Miliar Malware Serang Android

Waspada, Nyaris 1 Miliar Malware Serang Android

Waspada, Nyaris 1 Miliar Malware Serang Android

Popularitas smartphone berbasis Android hampir mendapatkan

simpati lebih dari para penggunanya di seluruh penjuru dunia. Namun, keamanan selalu mengintai dari program komputer berbahaya (malware), bahkan seringkali ditemukan pada ponsel berbasis Android serta terus menerus muncul.

Sebuah penelitian keamanan menemukan sebuah malware baru yang disebut QuadRooter. Hampir 1 miliar malware ini menyasar pada ponsel Android dan dianggap sangat mengerikan. Dilansir dari laman Mashable, malware tersebut terungkap berasal dari QuadRooter, sebuah perangkat sofware asli yang masuk berbasis chipset Qualcomm.

Secara umum, para peneliti mengemukakan bahwa penyebaran malware

tersebut dengan cara menjebol QuadRooter, polanya penyerang menarik pengguna untuk menginstal aplikasi yang mengerikan tersebut dari pusat aplikasi ketiga atau lainnya. Selanjutnya malware mencari celah pada QuadRooter untuk memastikan mendapatkan akses root perangkat agar semua data dan hardware terekspose.

Para peneliti menyebutkan bahwa masalah celah keamanan pada Android

disebabkan karena Google lebih memilih merilis tambalan pada manufaktur daripada kepada pengguna secara langsung, sehingga dampak dari malware ini sampai saat ini belum bisa dicegah bahkan dihilangkan. Untuk lebih aman, peneliti menganjurkan kepada pengguna untuk mengecek keamanan pada perangkat dengan mengunduh QuadRooter Scanner yang tersedia pada Google Play.

 

sumber :

https://gstarcad.co.id/pocket-rush-apk/