TIPS DAN CARA MEMBERSIHKAN LAYAR LAPTOP DENGAN AMAN

TIPS DAN CARA MEMBERSIHKAN LAYAR LAPTOP DENGAN AMAN

Keawetan laptop juga terpengaruh oleh kebersihan dan perawatan yang dilakukan. Semakin baik perawatan yang dilakukan, maka laptop juga dapat makin awet. Masalah yang kerap berlangsung terhadap laptop yaitu keyboard dan layar monitor tertempel banyak debu. Selain tidak sedap dilihat, banyaknya debu yang menempel ini juga berpengaruh terhadap kerusakan keyboard. Karena kadangkala keyboard ini macet ketika ditempeli banyak debu di dalamnya. Nah, untuk jauhi hal-hal tersebut, sebagai pemilik kami perlu secara rutin membersihkan layar laptop.

Membersihkan laptop tidak memerlukan waktu yang banyak, bahkan cara membersihkannya juga terlalu mudah. Yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan alat-alatnya seperti kain dan cairan. Namun cairan yang digunakan ini tidak sembarangan. Bahkan kain yang digunakan juga tidak sembarang kain. Nah, agar tidak salah di dalam membersihkan layar laptop, review ulasannya selanjutnya ini sebelum akan membersihkan laptop.

Pentingnya Membersihkan Laptop

Ada banyak fungsi yang bisa anda dapatkan kalau laptop yang anda miliki di dalam kondisi bersih. Selain sedap dipandang, layar laptop yang bersih ini juga bisa meminimalisir kerusakan terhadap laptop. Karena umumnya layar laptop yang kotor atau ditempeli banyak debu dapat berpengaruh kepada keyboard-nya, agar ada lebih dari satu keyboard yang tidak bisa digunakan karena macet. Dengan menjaga kebersihan layar laptop, sama halnya anda bisa menyebabkan laptop lebih awet. Maka dari itu lakukan pembersihan layar laptop secara rutin atau bahkan anda bisa membersihkan setiap hari sesudah menggunakannya.

Membersihkan Layar Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam membersihkan laptop terlalu mudah dilakukan dan peralatan yang diperlukan juga mudah didapatkan. Langsung saja selanjutnya ini langkah-langkah membersihkan layar laptop yang aman:

Sebelum membersihkan layar laptop, pastikan laptop di dalam kondisi mati, perihal ini bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan terhadap anggota layar laptop. Pada waktu layar laptop mati, kotoran terhadap layar dapat makin mudah terlihat. Inilah mengapa mematikan laptop terlebih dahulu terlalu direkomendasikan sebelum akan membersihkan layarnya.
Sebelum layar laptop dibersihkan pakai cairan dan kain, alangkah baiknya kalau membersihkan debu yang ada di layar pakai lap kering. Dalam membersihkan debu ini usahakan melakukannya dengan secara perlahan dan sebaik bisa saja jauhi tekanan yang berlebihan terhadap layar laptop. Karena kalau perihal selanjutnya dilakukan bisa meninggalkan goresan atau bahkan konsleting terhadap layar.
Untuk membersihkan layar laptop ini, pakai kain yang bertekstur lembut. Bahkan anda bisa pakai tisu untuk membersihkannya. Hal ini bertujuan agar layar laptop tidak terkena goresan. Kain yang terlalu direkomendasikan digunakan untuk membersihkan layar laptop yaitu kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata, karena kain selanjutnya sebetulnya didesain spesifik untuk membersihkan lensa.
Langkah yang setelah itu yaitu semprotkan larutan terhadap kain. Karena membersihkan layar laptop pakai kain kering saja tidak lumayan untuk mengangkat debu secara maksimal. Kamu perlu pakai cairan pembersih untuk jauhi hal-hal yang tidak di idamkan atau konslet, jangan menyemprotkan cairan langsung ke layar laptop. Dengan cara lain, semprotkan terlebih dahulu cairan selanjutnya terhadap kain yang sudah direkomendasikan tadi.
Setelah membersihkan layar pakai cairan, pastikan kondisi layar laptop sudah kering sebelum akan digunakan. Hal ini bertujuan agar jauhi kerusakan komponen karena kelembapan atau sisa-sisa embun dari cairan pembersih tersebut.
Cara yang paling cepat untuk mengeringkan layar laptop yaitu pakai hairdryer. Namun cara ini tidak direkomendasikan untuk digunakan terus-menerus, karena perihal ini bisa menyebabkan kerusakan komponen internal. Hairdryer ini bisa menyebabkan suhu panas laptop tersebut. Maka cara terbaiknya yaitu tunggu sampai layar terlalu kering secara alami.

Tips-tips di dalam Membersihkan Layar Laptop

Setelah tahu cara membersihkan laptop yang baik dan benar, ada lebih dari satu tips yang perlu anda ketahui agar tidak salah di dalam membersihkan laptop. Karena kesalahan kecil saja kalau dilakukan bisa berdampak buruk terhadap keawetan laptop. Langsung saja selanjutnya ini tipsnya:

Untuk membersihkan laptop, pilihlah kain yang lembut baik itu tisu atau kapas. Namun terlalu direkomendasikan untuk pakai kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.
Gunakan cairan yang aman untuk layar laptop. Dalam perihal ini sebaiknya anda bisa belanja cairan spesifik pembersih laptop atau lensa yang ada di toko komputer.
Sebelum laptop digunakan pastikan sesudah dibersihkan layar laptop sudah kering
Sebelum membersihkan layar laptop, pastikan kondisi layar di dalam kondisi mati. Untuk mengantisipasi konsleting atau kerusakan terhadap komponen lainnya.
Dalam membersihkan layar laptop, lakukan secara perlahan-lahan agar tidak meninggalkan goresan terhadap layar laptop. Selain itu jangan menambahkan tekanan lebih terhadap layar laptop agar tidak berlangsung kerusakan.
Itulah cara mudah dan tips di dalam membersihkan layar laptop. Agar makin mudah di dalam membersihkan layar laptop, alangkah baiknya kalau dilakukan secara rutin, karena debu yang menempel masih sedikit. Semoga ulasan ini berguna dan bagikan agar lebih berguna lagi.

Baca Juga :