Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan No ratings yet.

Posted on

Berbicara tentang Mandi wajib, Dalam Agama islam Sudah diatur bagaiamana tata cara mandi wajib di bulan ramadhan, Sebenarnya Syarat dan ketentuan ini bukan hanya pada buramadhan saya tetapi pada bulan-bulan lain juga, tetapi yang membuat spesial adalah di bulan suci ramadhan ini ada batas waktu yang menentukan agar menjadi faktor keutamaan puasa itu sendiri.

Mandi Wajib adalah Mandi yang berfunsi untuk membersihkan diri dari Kotoran baik dari Hadas maupun Dari Najis, Serta Menjadi syarat utama sahnya Shalat fardu dan sunnah dan juga puasa di bulan ramadhan.

Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan

 

Di  website Besar disitus Usefulcraft.com saya pernah menulis artikel tentang Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib tetapi kali ini akan saya kembangkan lagi pembahasan dan berfokus pada Hubungan mandi wajib dengan Ibadah puasa yang menjadi niat puasa di bulan ramadhan 2021 ini.

Dalam Kajian ilmu tentang Mandi wajib ini sebenarnya dalam ajaran agama islam sudah diatur sedemikian rupa dengan sangat jelas, kajian ilmu tentang mandi wajib masuk dalam Bab Toharoh, Jika anda membutuhkan Literatur maka sebaiknya menacari buku tentang ini, karena pada artikel ini saya hanya akan membahas tentang , Tata cara, Rukun, hukum dan batasan hanya pada mandi wajib saja.

Syarat Mandi Wajib

Yang penjadi mandi wajib adalah memenuhi rukun Mandi wajib itu sendiri, selain itu kita harus mempersiapkan Sarana dan prasarana dalam melaksanakan Mandi Wajib, Agar Terpenuhi syarat dan rukunnya. Karena ini adalah Ritual mandi maka yang harus lebih diperhatikan adalah air. Air apa saja yang boleh di buat untuk mandi wajib?

Baca Juga:  WhatsApp Messenger Iphone

Yang wajib untuk mandi adalah air mutlak atau air mustak’mal, Lain kesempatan kita kan bahas msalah iar mutlak, tetapi air yang di perbolehkan untuk mandi wajib adalah air sebagai berikut.

  1. Air Sungai Mengalir yang besar
  2. Air Hujan yang sudah di tampung di tempat yang besar dengan jumlah banyak, minimal 2 qullah
  3. Air Embun, Air embun biasanya banyak di daerah peggunungan
  4. Air Laut, Air laut usahakan agak ketengah jika di tengah lau agar tidak tercampur dengan sampah
  5. Air Sumur, Yang sudah ditampung di tangki dan diyakini tidak ada najis atau Hewan yang mati di dalammnya
  6. Air Lelehan Es atau salju, Di berbagai wilayah tidak di termukan air diatas, maka di perbolehkan menggunakan air lelehan salju

Hukum Mandi Wajib

Hukum mandi wajib adalah Fardu, Ketika kita melakukan hubungan suami istri atau keluarnya mani dari kemaluan hukumnya wajib mandi, karena itu adalah syarat saha puasa ramadhan.  Dan Waktunya terbatas hanya hingga Fajar Tiba. Mangambil dalil dari kisah baginda Nabi SAW.

Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan

Itulah alasannya mengapa saya katakan waktu untuk mandi hanya pada sampai waktu fajar, karena Jika anda belum mandi, maka akan menjadi tidak sah shalat subuh.

 

Tata Cara dan Rukun Mandi Wajib

Rukun mandi wajib ada tiga

  1. Niat
  2. Menyiramkan air ke atas kepala, lalu Menyiramkan ke bahu sebelah kanan, lalu menyiram kebahu sebelah kiri,
  3. Meratakan Air dengan cara mengusap hingga rata sampai sela-sela jari tangan dan kaki, Kemudian diulang sampai berjumlah 3 kali, setelah selai kemudia berdoa

Sekilas keterangan : Sebaiknya mandi menggunakan Basahan atau alas agar tidak menyentuh kemaluan. dan sebaiknya sebelum mandi disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu.

Baca Juga:  Mango Live Mod April 2021

 

Niat Mandi Wajib

Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan

Do’a Mandi Wajib

Doa mandi wajib ini sama dengan doa berwudhu yang intinya memohong pertolongan allah agar supaya membersihkan dari hadas dan najis

Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan

Demikianlah sedikit keterangan dari Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan semoga kita ditolong oleh allah untuk senantiasa membersihkan diri dari hadas dan najis

Please rate this