Strategi Menyenangkan dalam Menumbuhkan Kebiasaan Membaca

Strategi Menyenangkan dalam Menumbuhkan Kebiasaan Membaca

Kita seluruh tahu bahwa menyimak memberi tidak sedikit manfaat untuk siapapun yang membacanya, begitu pun dengan anak, ketika ia menginjak bangku edukasi yang lebih tinggi, anak tak bakal mengalami kendala beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak. Namun, tidak seluruh anak menyukai pekerjaan membaca. Kebanyakan dari mereka malah lebih suka bermain gadget atau games.

Ayah bunda, usahakanlah strategi inilah ini supaya membaca menjadi pekerjaan yang menyenangkan untuk anak:

1. Jangan memaksa
Terkadang anak lebih menyenangi komik dikomparasikan dengan kitab pelajaran sekolah. Komik lebih gampang dibaca dan singkat bertolak belakang dengan kitab pelajaran yang tebal, namun tidak boleh sekalipun membunuh pekerjaan membacanya meskipun anak melulu membaca suatu komik. Cara sangat ampuh supaya anak inginkan membaca ialah dengan tidak memaksanya membaca kitab yang tidak disukainya.

2. Sesuaikan dengan Minat anak
Disaat anak menyenangi tokoh kartun atau apapun, rangsanglah Minat membacanya dengan figur tersebut. Misalnya dengan memberikan kitab yang bergambar figur yang disukainya. Lain hal contohnya anak menyenangi pesawat terbang, mobil-mobilan, boneka dan lain-lain. memberikan kitab sesuai dengan Minat anak akan memindahkan perhatian anak untuk menyimak buku.

3. Ajak anak memilih buku
Minta anak guna memilih kitab yang menurutnya baik, dari situ kita dapat mendapat gambaran kitab seperti apa yang bakal ia sukai. Tanya terlebih dahulu pada anak apakah kitab ini unik untuk dibaca? Tentu saja sebelum melakukan pembelian kita mesti terlebih dahulu memahami kualitas dari kitab yang bakal dibaca anak.

Sumber : www.studybahasainggris.com/