Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Prinsip Pembangunan Yang Menjamin Pemerataan Dan Keadilan Sosial

Pembangunan bertujuan pemerataan dan keadilan sosial yang dilandasi dari meratanya distribusi sumber lahan dan faktor produksi, meratanya peran dan kesempatan perempuan, meratanya ekonomi yang dicapai dengan keseimbangan distribusi kesejahteraan. Namun pemerataan bukanlah hal yang secara langsung dapat dicapai. Pemerataan ialah konsep yang relatif dan tidak secara langsung dapat diukur.

Dimensi etika pembangunan berkelanjutan ialah hal yang menyeluruh, kesenjangan pendapatan negara kaya dan miskin semakin melebar, walaupun pemerataan dibanyak negara sudah meningkat. Aspek etika lainnya ialah prospek generasi masa datang yang dimana pembangunan generasi masa kini patut mempertimbangkan generasi masa datang dalam memenuhi kebutuhannya.

Prinsip Keanekaragaman Hayati Juga Merupakan Dasar Bagi Keseimbangan

Pemeliharaan keanekaragaman hayati ialah prasyarat tersedianya sumber daya alam secara berkelanjutan untuk masa kini dan masa datang sebagai dasar bagi keseimbangan ekosistem. Pemeliharaan keanekaragaman budaya akan mendorong perlakuan yang merata terhadap setiap orang dan membuat pengetahuan terhadap tradisi berbagai masyarakat dapat lebih dimengerti.

Prinsip Pembangunan Yang Menggunakan Pendekatan Integratif

Pembangunan berkelanjutan mengutamakan keterkaitan antara manusia dengan alam. Manusia mempengaruhi alam dengan cara yang bermanfaat atau merusak. Hanya dengan memanfaatkan pengertian tentang kompleksnya keterkaitan antara sistem alam dan sistem sosial. Dengan menggunakan pengertian ini maka pelaksanaan pembangunan yang lebih integratif merupakan konsep pelaksanaan pembangunan yang dapat dimungkinkan, hal ini merupakan tantangan utama dalam kelembagaan.

Prinsip Pembangunan Yang Meminta Perspektif Jangka Panjang

Masyarakat cenderung menilai masa kini lebih dari masa depan,, implikasi pembangunan berkelanjutan merupakan tantangan yang melandasi penilaian ini. Pembangunan berkelanjutan mensyaratkan dilaksanakan penilaian yang berbeda dengan asumsi normal dalam prosedur discounting.


Baca Juga :