PRINSIP PRINSIP DEMOKRASI LIBERAL

PRINSIP PRINSIP DEMOKRASI LIBERAL

PRINSIP PRINSIP DEMOKRASI LIBERAL

PRINSIP PRINSIP DEMOKRASI LIBERAL

Demokrasi liberal memiliki beberapa prinsip utama

Di antaranya adalah prinsip kebebasan individu. Kebebasan individu memang sangat penting di dalam demokrasi liberal. Hal itu disebabkan karena kebebasan individu merupakan nilai dasar dari lahirnya manusia ke bumi ini. Adanya kebebasan individu akan mendorong sikap kritis, kreatif dan juga kaya inisiatif untuk kemajuan sebuah Negara.

Jika kreatifitas manusia tidak ditekan sedemikian rupa sebagaimana dalam sistem monarki, maka sistem pemerintahan juga akan semakin berkembang. Ide dari masyarakat juga akan semakin kaya dan mampu menjawab berbagai tantangan bangsa.

Prinsip dari demokrasi liberal berikutnya adalah adanya kontrak sosial. Kontrak sosial ini menurut seorang ilmuwan bernama Michael Margolis merupakan sebuah pandangan dari sisi politik yang terbilang liberal. Adanya kontrak ini memberikan hak kepada warna Negara. Selain itu, juga memberikan suatu pembenaran politis untuk terbentuknya lembaga-lembaga  yang mengedepankan sikap moderat dan adil.

Prinsip yang dianut oleh paham demokrasi liberal berikutnya adalah prinsip masyarakat pasar bebas. Dalam prinsip ini kehidupan setiap rakyat sangat ditentukan oleh adanya negosiasi. Adanya berbagai keputusan yang penting sangatlah ditentukan oleh pasar yang menganut kebebasan. Contohnya di sektor ekonomi dimana produk produk yang konsumtif ditentukan oleh mekanisme pada pasar bebas.


Baca Juga :