Prinsip-prinsip dalam psikologi pendidikan

  1. Prinsip-prinsip dalam psikologi pendidikan

  2. Memberi perhatian pada “bagaimana cara belajar” bukan pada “untuk apa belajar” . peserta didik mungkin tak pernah mengetahui beberapa fakta tertentu, tetapi siswa selalu butuh pengetahuan bagaimana caranya belajar.
  3. Mengajari peserta didik tentang cara membaca untuk mendapatkan pemahaman, cara menyusun gagasan, cara menguasai pelajaran yang sulit dan cara menuangkan pikiran secara jelas melalui tulisan.
  4. Melibatkan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Setiap hari perlu memberi pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti “ apa pendapat kalian tentang PR ini?” apakah tugas ini terlalu panjang atau terlalu pendek?bagaimana caranya agar tugas selanjutnya lebih menarik? Kriteria apa sebaiknya di pakai untuk memberikan penilaian? Dengan cara ini peserta didik akan lebih giat belajar.
  5. Peserta didik perlu dilatih untuk mau berpikir sendiri. Tugas pendidik adalah mengajar mereka cara berpikir dan memberi alat yng diperlukan untuk itu. Pendidik biasanya kagum pada kecerdasannya sendiri. Jadi pendidik tak pelru menunjukan pada peserta didiknya bahwa dirinya pinar.
  6. Pendidik punya potensi untk menjadi guru yang hebat. Jadi jika belum efektif dalam pembelajaran, yang perlu dilakukan pendidik adalah mempelajari psikologi pendidikan.