Pengertian Yayasan

Pengertian Yayasan

Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) UU No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan, Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota.

Jenis-Jenis Sengketa

Mengutip buku berjudul Penegakan Hukum Menangani Aset Yayasan, Dr. H.P. Panggabean SH., M.S, Jakarta, Jala Permata 2017. haL. 4, perihal pokok-pokok isi sengketa sebuah yayasan terdiri dari 3 (tiga), antara lain :

  1. Tentang status Akta Pendirian atau Anggaran Dasar Yayasan. Anggaran Dasar boleh berubah tetapi maksud dan tujuan yayasan tidak dapat dirubah.
  2. Tentang pengantian pengurus sering terjadi sengketa, karena Anggaran Dasar Yayasan tidak secara jelas mengatur tata cara dan syarat-syarat untuk itu.
  3. Status asset yayasan para Pendiri dan/atau Pengurus sering terlibat untuk memiliki asset yayasan.

Alternatif Penyelesaian Sengketa

Dengan diberlakukannya UU No. 30 Tahun 1999 tentang Alternatif Penyelesaian Sengketa dan Arbitrase, masalah penangganan sengketa Yayasan akan dipengaruhi pemberlakukan lembaga-lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) dan Arbitrase. Berikut ini lembaga-lembaga untuk penanganan masalah-masalah sebuah Yayasan:

  1. Lembaga Arbitrase
  2. Lembaga Mediasai, tujuan mediasi untuk mencapai hasil atau menghasilkan kesepakatan yang dapat diterima pihak-pihak yang bersengketa guna mengakhiri sengketa.
  3. Lembaga Dading dalam HIR/RBG, Majelis hakim kedudukan sebagai fasilitator, mediator dan wasit, untuk mencoba memperdamaikan, bukan keharusan (untuk berdamai)