Pengertian Jenis Contoh dan Cara Membuat Mind Mapping

Pengertian Jenis Contoh dan Cara Membuat Mind Mapping

Berbicara tentang Mind Mapping, pasti kita udah sering mendengarnya kan? Namun apakah kita udah menyadari apa makna Mind Mapping tersebut? Yaps harus kita ketahui, Mind mapping adalah sebuah metode untuk mengelola Info secara total melalui pemetaan peta asumsi berbetuk percabangan yang dituangkan langsung kedalam fasilitas tulis (baik kertas maupun digital).

Mind mapping terhadap biasanya bersifat suatu percabangan bagan-bagan. faedah dari metode pencatan mengfungsikan mind mipping terebut diantaranya adalah untuk mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan sebab cuma mengfungsikan kata kunci, mudahnya kita mengingat suatu Info utama sebab tema utama terdefinisi dengan menyadari di tengah.

Jenis-Jenis Mind Mapping
Selama ini, kita mengenal lebih dari satu type mind mapping yang secara lazim banyak digunakan. Berikut lebih dari satu type mind mapping, diantaranya:

Mind Map Silabus
Jenis mind mapping pertama yang harus kita ketahui adalah Mind Map Silabus atau mind map makro. Mind mapping silabus adalah type mind mapping yang mendukung mengimbuhkan deskripsi tentang apa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibikin dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Berikut semisal mind mapping silabus:

Mind Map Bab
Kemudian tersedia juga type mind mapping seterusnya yakni Mind mapping Map Bab. Mind Mapping ini dibikin berdasarkan rangkaian bab yang udah dipelajari, tetapi harus diringkas poin penting atau garis besarnya saja untuk ringan mengingatnya.

Mind Map Paragraf
Selanjutnya tersedia Mind mapping paragraf. Tahukah kita? Nah, Jenis mind map paragraf ini dapat mengimbuhkan Info secara lengkap sebab tidak cuman dapat menyaksikan ringkasan tiap tiap bab, dapat juga menyadari teliti penjelasannya. Nah, keuntungan mengguanakan mind mapping paragraf berikut adalah Mind map ini dapat dibikin di buku teks kecil lho guys.

Cara Membuat Mind Mapping yang Menarik
Seperti yang kita ketahui, Mind map merupakan fasilitas berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami. Mind map ini sangat mungkin otak untuk mengfungsikan seluruh gambar dan asosiasi di dalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang.

Berikut lebih dari satu hal yang penting di dalam mengakibatkan Mind Mapping
Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah. Memang hal ini tidak mutlak, tetapi untuk memudahkan kita untuk mengakibatkan banyak percabangan bakal lebih baik terkecuali mind map berinti di tengah.
Dari tema utama, bakal nampak tema-tema turunan yang tetap berkaitan dengan tema utama.
Cari jalinan antara tiap tiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol gambar
Gunakan variasi huruf besar maupun huruf kecil
Buatlah postingan ataupun simbol gambar dengan warna yang beragam
Jangan langsung mengakibatkan mind map di kertas yang digunakan untuk menggambar, draft peta asumsi lebih-lebih dahulu dikertas buram
Rencanakan area peletakan bagan-bagan dan percabangan dengan sebaik-baiknya

Untuk lebih Jelasnya Untuk Cara Membuat Mind Mapping Adalah sebagai Berikut
Untuk mengakibatkan Mind Mapping tersebut, kita dapat memulainya dari anggota sedang kertas kosong yang sisi panjangnya ditaruh mendatar. Memulai dari sedang berikan kebebasan kepada otak untuk berkreasi menjabarkan peta pikiran
Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral. Sebuah gambar bermakna seribu kata dan mendukung kita mengfungsikan imajinasi. Sebuah gambar sentral bakal lebih menarik. Dengan demikian, kita tetap terfokus, mendukung kita berkonsentrasi, dan mengaktifkan otak kita.
Gunakan warna. Bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna mengakibatkan peta asumsi lebih hidup, menaikkan kekuatan kepada asumsi kreatif, dan menyenangkan!
Agar map mapping yang kita bikin hasilnya lebih maksimal, maka kita harus menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Setiap cabang utama dapat dibikin percabangan ulang sesuai dengan konsep yang dibahas. Bila kita menghubungkan cabang-cabang, kita bakal lebih ringan menyadari dan mengingat lho
Kemudian di dalam membut mind mapping tersebut, maka lebih baik kita membuatnya dengan garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus. Mengapa? Karena garis lurus bakal membosankan otak. Cabang-cabang yang melengkung dan organis, layaknya cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata.
Dalam mengakibatkan Mind Mapping yang kreatif berikut kita harus menggnakan satu kata kunci untuk tiap tiap garis. Mengapa? Kata kunci tunggal berikan lebih banyak kekuatan dan fleksibilitas terhadap peta pikiran. Nah, terkecuali kita mengfungsikan kata tunggal di dalam mind mapping , tiap tiap kata ini bakal lebih bebas dan karena itu lebih dapat mengakibatkan ide dan asumsi baru.
Dakam mengakibatkan mind mapping kita pasti harus mengfungsikan gambar. Mengapa? Seperti gambar sentral, tiap tiap gambar bermakna seribu kata. Jadi, andaikata kita cuma mempunyai sepuluh gambar di di dalam peta asumsi kita bermakna peta asumsi kita udah setara dengan 10.000 kata catatan.

Beberapa Contoh Mind Map Unik
Berbicara tetang Mind Mapping, Menurut sang pengembang, Tony Buzan, mind mapping adalah suatu tehnik mencatat yang menonjolkan sisi kreatifitas agar efisien di dalam memetakan pikiran. Nah, berikut kita bakal mengimbuhkan lebih dari satu semisal mind mapping unik yang dulu dibuat.

Mind Mapping unik pertama berikut adalah Brain Fucntions (Fungsi-fungsi Otak) yang dibikin oleh Paul Foreman
Creativity Tips (Tips-tips Kreatifitas) oleh Tony Buzan
Habit Transformation (Transformasi Kebiasaan) oleh Adam Sicinski
Procrastination Buster (Pembuang Penundaan) oleh Jane Genovese
Work Smart (Kerja Cerdas) oleh Thum Cheng Cheong
Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) oleh Emiily Burton
Dreams (Mimpi-mimpi) oleh Thum Cheng Cheong

Cara Membuat Contoh Bagan Mind Map
Perlu kita ketahui, untuk mengakibatkan semisal bagan mind map itu tidak sulit lho guys. Perlengkapan yang harus kita siapkan yang utama sebatas Kertas putih bersih. Nah, untuk membuatnya kita rekomendasikan mengfungsikan kertas yang memadai lebar sekitar ukuran A4 ya . Jangan mengfungsikan kertas bergaris sebab bakal mengganggu konsep gambar yang kita buat. Kemudaian kita harus buat persiapan pensil, spidol warna- warni dan yang tak kalah penting adalah kita harus memberdayakan kreativitas dan imajinasi kita punya. Mind mapping bukanlah type catatan atau ringkasan yang rapi, jadi kita amat bebas untuk berkreasi menuangkan ide brilian kita.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/