Pengertian Bank dan Fungsi

Pengertian Bank dan Fungsi

Pengertian Bank dan Fungsi

 Pengertian Bank dan Fungsi
Pengertian Bank dan Fungsi

Bank: Apa itu Bank

Selamat pagi, kali saya akan mengulas tentang apa itu bank, yang dimulai dari pengertian bank, setelah kita mengupas tentang bank secara definisi, maka kita dapat masuk ke wilayah sejarah bank untuk mengetahui bagaimana bank disebut bank atau bagaimana sejarah awalnya bank di dunia serta di Indonesia, kemudian kita akan mempelajari beberapa fungsi serta tugas bank baik itu bank dunia dan bank lainnya dalam sistem perbankkan.

Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Undang Undang

Pengertian bank berdasarkan UU Negara Republik Indonesia No. 10/1998 pasal 1 huruf dua yang mengatur tentang perbankan menjelaskan  bahwa pengertian bank adalah

“Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak”.

Pengertian Bank

yang saya baca dari investopedia.com bahwa pengertian bank adalah lembaga berlisensi sebagai penerima deposito (A financial institution licensed as a receiver of deposits).
Bank dapat didefinisikan sebagai badan atau lembaga yang memiliki tugas utama untuk menghimpun uang dari pihak ketiga. Definisi lain tentang bank adalah suatu badan yang tugas utamanya sebagai perantara untuk menyalurkan penawaran dan permintaan kredit pada waktu yang ditentukan.

Prof. G.M. Verryn Stuart dalam buku Bank Politik

bahwa pengertian bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit (to satisfy the needs of credit) , baik dengan alat alat pembayaran sendiri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain, maupun dengan jalan mengedarkan alat alat penukar baru berupa uang giral (circulate new tool exchanger in the form of demand deposits).

Pengertian bank menurut Bapak A. Abdurrachman

dalam Buku Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan menjelaskan bahwa “Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman (lend), mengedarkan mata uang (circulating currency), pengawasan terhadap mata uang (supervision of currency), bertindak sebagai tempat penyimpanan benda benda berharga (storage of valuable objects), membiayai usaha perusahaan-perusahaan dan lain lain”.