PENGERTIAN AGAMA

Table of Contents

PENGERTIAN AGAMA

Agama berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “ tradisi “. Yang mana “A” berarti tidak dan “GAMA” berarti kacau, Sehingga agama berarti tidak kacau. Jika kita lihat dari bahasa latin agama berasal dari kata religio yang berarti “mengikat kembali”. Maksudnya dengan bereligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.

Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan sekitarnya..

Kita sebagai umat beragama harus semaksimal mungkin berusaha dan meningkatkan keimanan serta kualitas diri dalam beribadah. Harun Nasution mengatakan bahwa agama dilihat dari sudut isi yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kumpulan tentang tata cara mengabdi kepada Tuhana Yang Maha Esa yang harus di pegang dan dipatuhi.

Jadi, agama pada intinya adalah jalan hidup yang harus ditempuh oleh manusia dalam kehidupan di dunia berharap agar mendapatkan kesejahteraan di akhirat kelak.

  1. Menurut Sutan Takdir Alisyahbana (1992), agama adalah suatu system kelakuan dan perhubungan manusia yang pokok pada perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan kegaiban yang tiada terhingga luasnya, dan dengan demikian member arti kepada hidupnya dan kepada alam semesta yang mengelilinginya.
    2. Menurut Sidi Gazalba (1975), menyatakan bahwa religi (agama) adalah kecendrungan rohani manusia, yang berhubungan dengan alam semesta, nilai yang meliputi segalanya, makna yang terakhir, hakekat dari semuanya itu.

Dari kedua pendapat tersebut, dapat kita simpulkan bahwasanya agama merupakan : Kebutuhan manusia yang paling esensial.

  1. Adanya kesadaran di luar diri manusia yang tidak dapat dijangkau olehnya.
  2. Adanya kesadaran dalam diri manusia, bahwa ada sesuatu yang dapat membimbing, mengarahkan, dan mengasihi di luar jangkauannya.

 

Recent Posts