Pengertian Aborsi Adalah

Pengertian Aborsi Adalah

Pengertian Aborsi Adalah

Pengertian Aborsi Adalah
Pengertian Aborsi Adalah

Secara sederhana kata aborsi adalah mati ( gugurnya )

Hasil konsepsi. artinya aborsi itu dapat dimulai dari sejak benih wanita (ovum ) dengan benih pria/ sperma, mengadakan konsepsi. kehidupan yang utuh dimulai dari dua benih menjadi satu ( TWO IS ONE ).

Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus”, berarti pengeluaran hasil konsepsi (pertemuannya sel telur dan sel sperma) sebelum janin dapat hidup diluar kandungan. Ini adalah suatu proses pengakhiran hidup dari janin sebelum diberi kesempatan untuk bertumbuh.

Aborsi dibedakan antara aborsi yang terjadi dengan sendirinya tanpa kesengajaan, yang disebut abortus spontaneous dan aborsi yang terjadi dengan kesengajaan disebut abortus provocatus.Abortus provocatus masih dibedakan lagi menjadi dua, yakni abortus yang berindikasikan pengobatan atau medis (therapeutis) dan yang berindikasi merusak atau kejahatan (criminalis).

 

Aborsi tetap saja menjadi masalah kontroversial

Tidak saja dari sudut pandang kesehatan, tetapi juga dari sudut pandang hukum dan agama. Aborsi biasanya dilakukan atas indikasi medis yang berkaitan dengan ancaman keselamatan jiwa atau adanya gangguan kesehatan yang berat pada diri si ibu, misalnya tuberkulosis paru berat, asma, diabetes, gagal ginjal, hipertensi, bahkan biasanya terdapat dikalangan pecandu ( ibu yang terinfeksi virus ).

Aborsi dikalangan remaja masih merupakan hal yang tabu, jangankan untuk dibicarakan apalagi untuk dilakukan. Aborsi itu sendiri ada 3 macam :

  1. ME ( Menstrual Extraction ) : Dilakukan 6 minggu dari menstruasi terakhir dengan penyedotan. Tindakan aborsi ini sangat sederhana dan secara psikologis juga tidak terlalu ” berat ” karena masih dalam bentuk gumpalan darah, belum berbentuk janin.
  2. Diatas 12 minggu, masih dianggap normal dan termasuk tindakan aborsi yang sederhana.
  3. Aborsi diatas 18 minggu, tidak dilakukan di klinik tetapi di rumah sakit besar.

.

Jenis Aborsi

Aborsi spontan/ alamiah

Adalah aborsi yang berlangsung tanpa tindakan apapun.Kebanyakan disebabkan karena kurang baiknya kualitas sel telur dan sel sperma.

  1. Aborsi buatan/ sengaja/ Abortus Provocatus Criminalis

Adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia kandungan 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram sebagai suatu akibat tindakan yang disengaja dan disadari oleh calon ibu maupun si pelaksana aborsi (dalam hal ini dokter, bidan atau dukun beranak).

  1. Aborsi terapeutik / Abortus Provocatus therapeuticum

Adalah pengguguran kandungan buatan yang dilakukan atas indikasi medik.Sebagai contoh, calon ibu yang sedang hamil tetapi mempunyai penyakit darah tinggi menahun atau penyakit jantung yang parah yang dapat membahayakan baik calon ibu maupun janin yang dikandungnya.Tetapi ini semua atas pertimbangan medis yang matang dan tidak tergesa-gesa.

  1. Abortus Servikalis

Keluarnya hasil konsepsi dari uterus dihalangi oleh ostium arteri eksternum yang tidak membuka, sehingga semuanya terkumpu dalam kanalis servikalis dan serviks uterus menjadi besar, bundar dengan dinding menipis.

  1. Missed Abortion

Kematian janin berusia sebelum 28 minggu tetapi janin mati tidak keluar sebelum 8 minggu atau lebih.

  1. Abortus SeptikAbortus yang disertai infeksi berat pada genitalia disertai penyebaran kuman dalam darah misalnya toxin.
  2. Abortus Eminens

Peristiwa terjadinya pendarahan dari uterus pada kehamilan kurang dari 20 minggu dimana hasil konsepsi masih dalam uterus dan tanpa adanya dilatasi serviks.

 

Pandangan Aborsi

Abortus telah menjadi salah satu perdebatan internasional masalah etika.berbagai pendapat bermunculan, baik yang pro maupun yang kontra. abortus secara umum dapat diartikan sebagai penghentian kehamilan secara spontan atau rekayasa.pihak yang pro menyatakan bahwa aborsi adalah mengakhiri atau menghentikan kahamilan yang tidak diinginkan, sedangkan pihak anti aborsi cendrung mengartikan aborsi sebagai membunuh manusia yang tidak bersalah.

Baca Juga :