Pengamatan Institute of Propaganda Analysis

Pengamatan Institute of Propaganda Analysis

Pengamatan Institute of Propaganda Analysis

Pengamatan Institute of Propaganda Analysis

Sebagai hasil dari pengamatannya, IOPA telah menggolongkan interaksi-sosial didalam 7 devices (kelompok) yang  biasa dilakukan oleh orang-orang yaitu:

  1. Name-calling

Pemberian julukan atau sebutan dalam arti yang buruk dengan maksud untuk menurunkan derajat nama seseorang atau prestise suatu idea di muka umum.

  1. The use of glittering generalities

Suatu teknik dimana seorang propagandis menonjolkan gagasannya dengan sanjungan-sanjungan agung, misalnya dengan kata-kata “demi keadilan, kemerdekaan, kebebasan”.


  1. Testimonials

Cara menggunakan nama orang-orang terkemuka yang mempunyai otoritas dan prestise sosial tinggi dalam menyodorkan atau meyakinkan sesuatu hal dengan jalan menyatakan misalnya, bahwa hal tersebut didukung oleh orang-orang terkemuka tadi.

  1. The transfer

Ciri-ciri kegiatan propaganda yang menggunakan teknik pemakaian pengaruh dari seseorang tokoh yang paling berwibawa di lingkungan tertentu, dengan maksud menarik keuntungan-keuntungan psikologis dari pengaruh-pengaruh itu.


  1. The plain-folks

Cara propaganda dengan jalan memberi identifikasi terhadap idea, calon pemilih atau hal apa saja yang dipropagandakan sebagai milik dari rakyat.

  1. Card-stacking

Cara propaganda dengan jalan menonjolkan hal-hal baiknya saja, sehingga publik hanya dapat melihatnya dari satu segi saja.


  1. Bandwagon technique

Dilakukan diantaranya dengan jalan membesar-besarkan sukses yang telah dicapai oleh seseorang atau oleh suatu kelompok atau barang (produk).


Baca Juga :