Obyek Psikologi Pendidikan

  1. Obyek Psikologi Pendidikan

Setiap disiplin ilmu harus mempunyai obyek tersendiri. Di dalam hal ini obyek psikologi pendidikan terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Obyek material psikologi pendidikan, yaitu manusia.
  2. Obyek formal psikologi pendidikan, yaitu gejala kejiwaan yang tampak pada tingkah laku, gejala pertumnuhan dan gejala perkembangan untuk kepentingan pendidikan.

  1. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Pada garis besarnya ruang lingkup psikologi pendidikan  meliputi studi pembahasan tentang :

  • Masalah pertumbuhan dan perkembangan individu, yang mencakup pembahasan tentang hereditas dan lingkungn, perlengkapan dasar dan ajar, perbedaan individual dan sebagainya.
  • Masalah belajar dan mengajar, yang mencakup pengertian belajar, factor-faktor yang mempengaruhi, perlengkapan belajar, motivasi belajar dan lain sebagainya.
  • Masalah pengukuran dan penilaian, yang mencakup tentang pengukuran kecerdasan, hasil belajar, perbuatan belajar dan sebagainya .
  • Masalah bimbingan dan penyluhan, yang mencakup masalah dasar-dasar bimbingan, macam-macam serta tujuannya.

 

https://carbomark.org/league-of-masters-apk/