Mobil Toyota Naik Harga, Ini Rinciannya

Setelah sejumlah waktu menahan eskalasi harga, PT Toyota Astra Motor (TAM) kesudahannya resmi mengerjakan revisi. Bervariasi, eskalasi harga yang diputuskan pabrikan otomotif asal Jepang itu mulai dari Rp1 juta.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi menuliskan, ada sejumlah faktor yang menciptakan harga kendaraan mesti merasakan revisi di bulan Mei 2020.

“Ada dua urusan yg butuh saya klarifikasi. Pertama, dalam memutuskan harga, Toyota selalu menyaksikan kompetitif dari harga itu. Kita perhatikan situasi market gimana, kompetitor gimana,” kata Anton di Jakarta.

Di samping itu, Toyota pun mengaku seharusnya eskalasi harga telah terjadi di bulan April 2020. Namun, pihaknya berjuang menunda dan menggali jalan sebelum eskalasi harga benar-benar terjadi.

“Kedua, costing kita simaklah juga. Biaya-biaya tergolong exchange rate kita simaklah juga. Memang sejumlah model ini tadinya harusnya naik di bulan April, tapi anda coba bicara dengan pabrikan anda coba undur, dan akhirnya anda harus naikkan di bulan Mei,” tutur Anton.

Rincian Kenaikan Harga
Saat disebut-sebut kemungkinan eskalasi harga akan memprovokasi penjualan yang terjadi di tengah Pandemi, Anton menyatakan sudah memperhatikan urusan itu dengan baik.

“Kalau kenaikan tersebut kita sudah simaklah supaya tidak boleh sampai menciptakan demand nya menurun secara drastis. Kalau dibilang impact tentu ada impact, tapi bila impact-nya besar saya rasa enggak. Karena bila impact-nya besar market share Toyota mestinya turun, bukannya naik,” ujar Anton.

Sebagai informasi, sejumlah mobil yang mesti mengalami eskalasi harga di antaranya Toyota Calya Rp 1 juta, Toyota Avanza Rp 2 juta, Toyota Kijang Innova dan Toyota Rush Rp 2,5 juta. Sumber : http://alturl.com/v7saf