Menteri ESDM Ajak Pendidikan Tinggi Mempersiapkan Diri Hadapi Era Industri 4.0

Menteri ESDM Ajak Pendidikan Tinggi Mempersiapkan Diri Hadapi Era Industri 4.0 – Universtas Airlangga ( Unair) melangsungkan Seminar Nasional Kampus dan Revolusi Industri 4.0 (13/11/2018). Acara ini adalah bagian dari susunan peringatan Dies Natalis ke-64 UNAIR dan dihadiri Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dalam paparannya, Jonan yang juga lulusan UNAIR mengucapkan Revolusi Industri 4.0 menjadi era peradaban zaman yang semakin mempermudah kinerja insan dan mengurangi kerugian.

Revolusi Industri 4.0 menjadi isu paling menarik sejumlah tahun ini. Di samping menjadi tuntutan zaman, Revolusi Industri 4.0 pun menjadi suatu tantangan tersendiri untuk semua pihak. Tak terkecuali untuk pihak yang bergelut pada bidang pendidikan.

“Revolusi Industri 4.0 tidak dapat tidak, tidak terdapat satu bangsa juga yang mengelak dari ini. Pasalnya, ini sangat menolong kehidupan insan dari masa-masa ke waktu,” jelasnya seperti dikutip dari berita Unair.

Mengenai sekian banyak kesiapan yang butuh dilakukan, Jonan menuliskan bahwa dalam bidang akademik dapat dilaksanakan dengan menjadi ilmuan yang menggarap hal-hal tidak dapat digantikan dengan mesin.

Jika abad 18 revolusi industri menciptakan mesin dapat sehebat manusia, imbuhnya, di era Revolusi Industri 4.0, ciptaan manusia dapat lebih hebat dari manusia tersebut sendiri.

“Dalam tingkat koorperasi pun, itu, Revolusi Industri 4.0 telah jalan. Makin lama semakin cepat,” tandasnya.

Menunjukkan dinamika perusahaan-perusahaan dunia yang merasakan persaingan ketat dan evolusi yang paling cepat. Jonan menyatakan bahwa Revolusi Industri 4.0 tidak sedikit membawa evolusi di masa depan tersebut luar biasa.

“Pesannya, setiap pribadi harus siap mengekor perubahan zaman. Dan ingat Revolusi Industri 4.0 bukan bakal datang, namun ini telah datang dan mesti dihadapi,” pungkasnya.

Sumber: https://is.gd/fiUz4H