Mengenal Standar Euro 4 dan 5 Pada Mobil

Emisi gas buang kendaraan bermotor ketika ini menjadi perhatian secara global. Emisi gas buang kendaraan berisi karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), volatile hydro carbon (VHC), sampai-sampai bisa dominan negatif pada insan ataupun lingkungan.

Karena itu, aturan standar emisi dari kendaraan baru yang dipasarkan perlu dilakukan. Dalam upaya meminimalisir emisi, Uni Eropa (European Union – EU) menggunaan teknologi transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Awal 1990 EU menerbitkan peraturan yang mengharuskan pemakaian katalis mobil bensin atau standar Euro 1. Hal ini diinginkan mampu memperkecil gas buang yang didapatkan kendaraan bermotor.

Secara bertahap EU memperketat ketentuan menjadi standar Euro 2 (1996), Euro 3 (2000), Euro 4 (2005), Euro 5 (2009), dan Euro 6 (2014).

Persyaratan yang sama pun diberlakukan guna mobil diesel dan mobil komersial. Standar emisi kendaraan bermotor di Eropa pun diadopsi oleh sejumlah negara di dunia.

Penerapan standar emisi juga dibuntuti dengan penambahan kualitas bahan bakar. Sebagai contoh, Euro 1 mewajibkan mesin memakai bensin tanpa timbal. Sedangkan Euro 2 guna mobil diesel mesti menggunaan solar dengan kadar sulfur di bawah 500 ppm.

Harus Menggunakan RON 92
Pengurangan lebih tidak sedikit kadar sulfur di mesin bensin dan solar juga ditata dalam Euro 3, Euro 4 dan Euro 5 eksklusif truk diesel.

Indonesia telah mulai menerapkan standar emisi Euro 4 guna mesin bensin mulai tahun 2018. Sementara mesin diesel mulai tahun 2022 mendatang.

Untuk Euro 4 kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin jangan lebih dari 80 mg/km, 250 mg/km guna diesel, dan 25 mg/kg eksklusif diesel particulate matter.

Saat memutuskan standar emisi kendaraan di sebuah negara, pembuat kepandaian harus memahami hubungan antara teknologi mesin kendaraan dan kualitas BBM.

Karena itu, pabrikan mobil merekomendasikan empunya kendaraan untuk memakai bahan bakar RON 92 ke atas.

Sumber : https://tinyurl.com/sevamobilbekasmurah