Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Lite Serta Kelebihannya

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Lite Serta Kelebihannya

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Lite Serta Kelebihannya

 

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Lite Serta Kelebihannya
Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Lite Serta Kelebihannya

Aplikasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari smartphone. Tanpa aplikasi, rasanya smartphone tidak akan

berguna apa-apa. Aplikasi memungkinkan smartphone kamu untuk melakukan banyak hal, tergantung dari fungsi aplikasi yang digunakan.

Nah, seiring dengan perkembangannya, muncul berbagai macam jenis aplikasi. Mulai dari aplikasi hybrid, aplikasi web, sampai dengan aplikasi lite. Salah satu yang sedang banyak dibuat para pengembang adalah aplikasi lite.

Selain mengembangkan aplikasi utama, para pengembang juga mengembangkan aplikasi versi lite yang ditujukan untuk para pengguna smartphone dengan spesifikasi terbatas dan internet yang tidak terlalu kencang.

Apa itu aplikasi lite?

Aplikasi lite adalah aplikasi yang hanya membawa fitur-fitur dasar dari sebuah aplikasi utama. Jika aplikasi utama memiliki fitur-fitur lengkap, maka aplikasi lite hanya membawa fitur utama saja.

Contohnya adalah aplikasi Twitter Lite. Aplikasi ini hanya “memakan “ data internet yang lebih sedikit jika

dibandingkan dengan aplikasi utamanya. Tampilannya juga dibuat berbeda, lebih sederhana dan simpel.

Kenapa harus menggunakan aplikasi lite?

Aplikasi lite dikembangkan dengan tujuan untuk membantu para pengguna smartphone yang tidak canggih-canggih amat. Maksudnya, smartphone dengan spesifikasi dasar.

Karena, sebagian besar aplikasi akan cukup berat jika dijalankan di smartphone dengan spesifikasi pas-pasan. Karenanya, selain menyasar para pengguna smartphone terbaru, para pengemang aplikasi juga tetap peduli dengan pengguna dengan smartphone berspesifikasi pas-pasan dengan mengembangkan aplikasi lite.

Contoh aplikasi lite

Saat ini, mulai banyak para pengembang aplikasi populer yang mengembangkan aplikasi lite. Contohnya adalah Facebook. Facebook mengembangkan aplikasi Facebook Lite dan Messenger Lite.

Kedua aplikasi tersebut dapat berjalan dengan ringan dan hanya “memakan” sedikit data. Cocok untuk kamu para pengguna smartphone berspesifikasi pas-pasan.

Selain itu juga ada Twitter Lite, Skype Lite, dan LINE Lite, Shazam Lite. Untuk menggunakan aplikasi versi lite,

kamu bisa mencari nama aplikasi diikuti dengan kata “lite” di kolom pencarian Google Play.

Jika pengembang aplikasi sudah mengembangkan aplikasi lite nya, maka kamu akan menemukan aplikasi lite yang kamu cari. Namun jika belum, kamu perlu bersabar. Mungkin dimasa yang akan datang pengembang aplikasi yang kamu gunakan akan mengembangkan aplikasi versi lite nya.

Apakah aplikasi favorit yang kamu gunakan sudah memiliki versi lite nya?

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/