MediaTek: Dia tertangkap basah mencuri tolok ukur

MediaTek Dia tertangkap basah mencuri tolok ukur

MediaTek: Dia tertangkap basah mencuri tolok ukur

 

MediaTek Dia tertangkap basah mencuri tolok ukur
MediaTek Dia tertangkap basah mencuri tolok ukur

Dari waktu ke waktu kita membaca tentang produsen yang “mencuri” dalam tolok ukur, tetapi biasanya ini dilakukan dalam model tertentu, yang mungkin ingin dipuji. Namun, MediaTek tampaknya telah pindah ke tingkat lain, setidaknya menurut laporan terbaru.

Pabrikan menggunakan mode kinerja tinggi dalam aplikasi tertentu, yang selalu memberikan hasil yang baik dalam

benchmark.

Menurut Anandtech, MediaTek memasukkan “cheat” ini ke dalam perangkat lunak yang disediakannya untuk pembuat smartphone yang menggunakan chipsetnya. Jadi pada dasarnya, setiap smartphone MediaTek “mencuri” tolok ukur.

70% penurunan kinerja tanpa cheat
Ini adalah laporan yang sangat rinci dan menarik , yang layak dibaca. Namun, singkatnya, Anandtech memperhatikan bahwa MediaTek Dimensity 1000L mengungguli Helio P95 yang lebih tua dalam Oppo Reno 3 Pro.

Kecurigaan Anandtech dikonfirmasi ketika memodifikasi aplikasi pengukuran kinerja sehingga sistem tidak bisa mengenalinya. Dengan demikian, hasil tes lebih rendah daripada yang asli, untuk Helio P95 .

Ini berarti bahwa sesuatu dalam smartphone MediaTek Helio P95 meningkatkan kinerjanya karena mereka menyadari keberadaan aplikasi benchmark. Faktanya, perbedaan yang diperhatikan Anandtech tidaklah kecil. Dalam tes umum, penurunan 30% diamati dan dengan aplikasi spesifik penurunan mencapai 70% .

Anandtech juga menguji smartphone MediaTek lain yang telah dirilis dalam beberapa tahun terakhir dan

menemukan bahwa mereka semua menggunakan cheat tersebut. Dia mencatat bahwa sembilan ponsel berbeda menggunakan sembilan chipset MediaTek yang berbeda menerima peningkatan kinerja .

Penggunaan taktik ini bertujuan untuk menunjukkan hasil yang luar biasa dalam tes kinerja, bahkan di beberapa yang sangat khusus yang menggunakan sangat sedikit situs. Semua ini mengarah pada kesimpulan bahwa itu bukan hanya kesalahan dari masing-masing produsen untuk “pencurian” di benchmark , tetapi MediaTek juga telah meletakkan tangannya.

Apa jawaban MediaTek?

MediaTek tidak tinggal diam dan menanggapi tuduhan Anandtech. Menurut perusahaan, chipsetnya meningkatkan kinerja dan kekuatan mereka untuk mengatasi berbagai tugas, dan ini tidak berbeda dengan tes kinerja.

Selain itu, ia mencatat bahwa pembuat smartphone dapat mematikan “cheat” kinerja tinggi jika mereka mau. Sementara di beberapa titik ia menyebutkan bahwa perusahaan lain mengikuti taktik serupa.

Baca Juga: