Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat minyak zaitun

Banyak orang sudah tahu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, itu sudah menjadi rahasia umum. Namun tidak hanya untuk kecantikan minyak zaitun memiliki banyak manfaat lain yang mungkin tidak Anda ketahui.

Sendiri dari nama kita tahu bahwa minyak zaitun diekstraksi dari pabrik zaitun. Minyak tanaman Mediterania mengandung banyak senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, termasuk vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh), fenol, dan zat besi. Terpesona oleh manfaat minyak zaitun? Periksa langsung di bawah ini.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

1. Hapus bibir hitam
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K, yang dapat digunakan untuk menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup gosok bibir Anda dengan minyak zaitun setiap hari.

2. Bibir memerah
Selain menghilangkan bibir hitam dari minyak zaitun, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat warna merah alami Anda tampak lambat.

3. Merawat kesehatan rambut
Rambut yang sering terkena retouching, mis. B. dicelup, dihaluskan, dilengkungkan atau telah bersentuhan dengan bahan kimia, tentunya memiliki pengurangan fungsi, untuk. B. pecah, mudah mengendap, kering dan bahkan rusak. Mengoleskan minyak zaitun secara teratur ke rambut, kandungan vitamin E meningkatkan kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda akan lebih tebal dan bersinar secara alami. Bagi Anda yang menderita kerontokan rambut, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

4. Penebalan alis
Selain itu rambut adalah manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E selalu memastikan rambut sehat. Dengan kombinasi ini, Anda memiliki alis lebat dan tentu saja, tentu saja. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami dan belum dicampur dengan bahan kimia.

seperti:

  • Gosokkan minyak zaitun pada alis sebelum Anda tidur
  • Biarkan semalaman
  • Kemudian bersihkan wajah Anda keesokan harinya

5. Rentangkan dan kentalkan bulu mata
Selain mengoleskan alis, Anda juga bisa mengoleskannya pada bulu mata, sehingga wanita yang lebih memilih bulu mata alami panjang dan tebal mungkin harus menggunakan tanpa maskara atau bulu mata palsu, yang pada gilirannya menyebabkan rambut rontok.

6. Mengencangkan kulit wajah
Kandungan asam linoleat dalam minyak zaitun membantu menjaga kadar air pada kulit sehingga kulit tidak tampak keriput pada usia dini. Selain itu, minyak zaitun mengandung banyak antioksidan yang disebut polifenol, yang melindungi sel dari kerusakan yang akan datang. Inilah sebabnya mengapa minyak zaitun merupakan cara yang efektif untuk mengencangkan kulit wajah.

seperti:

  • Siapkan 1 sendok makan minyak zaitun
  • Campur dengan 1 sdt madu
  • Gunakan sebagai masker wajah

7. Kecilkan pori-pori di wajah
Selain mengencangkan wajah, zat linoleat juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengurangi ukuran pori-pori wajah Anda, yang terlihat jelas, sehingga kinerja Anda terganggu.

8. Menghaluskan wajah
Manfaat lain dari minyak zaitun untuk kulit wajah adalah menghaluskan wajah. Namun, untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan pepaya dan digunakan sebagai masker. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin antioksidan, C, dan E membantu menyehatkan, melembabkan, dan menghaluskan kulit Anda. Pepaya adalah tabir surya alami atau tabir surya untuk kulit wajah Anda. Kombinasi pepaya dan minyak zaitun dipercepat sehingga wajah segera halus.

Caranya adalah:

  • Haluskan buah pepaya
  • Campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun
  • Oleskan secara merata
  • Biarkan istirahat selama 30 menit
  • Bilas dengan air hangat

9. Pemutih wajah
Manfaat terakhir dari minyak zaitun untuk wajah adalah mencerahkan wajah. Mirip dengan minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun membantu melindungi sel dari risiko kerusakan. Anda tidak lagi perlu menggunakan produk pemutih wajah mahal atau bahkan menyemprotkan wajah untuk membuatnya lebih putih dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari. Lalu perlahan tapi pasti Anda mendapatkan wajah cerah yang Anda inginkan, tentu saja.

10. Hapus make-up
Anda keluar dari pembersih make-up? Tidak perlu panik, Anda bisa mengganti keberadaan pembersih makeup dengan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang merupakan rahasia umum, sehingga banyak produk minyak pembersih (cleansing oil) dibuat dari minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Bahkan jika Anda menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih make-up, Anda juga mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, seperti dijelaskan dalam poin di atas.

11. Mengatasi kulit kering
Selain mengoleskannya ke wajah, Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh Anda, karena manfaat minyak zaitun tak terbantahkan. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi lotion tubuh. Dengan menggunakan minyak zaitun di seluruh tubuh, Anda memiliki kulit yang tidak kering dan tidak perlu takut terhadap serangan radikal bebas, karena antioksidan berguna untuk menghilangkan radikal bebas dan bahkan mengurangi peradangan di kulit.

12. Sembuhkan jerawat
Wajahmu punya jerawat? Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk jerawat di wajah adalah:

  1. Ini adalah obat herbal alami untuk mengobati masalah jerawat karena mengandung vitamin yang dapat mempercepat proses penyembuhan.
  2. Antioksidan, yaitu polifenol, dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan mencegah semua jenis infeksi.
  3. Kandungan antibakteri dapat menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
  4. Khasiat anti radangnya bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan bekas luka.
  5. Sifat non-komedogeniknya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

Cara menerapkan manfaat minyak zaitun untuk jerawat:

  • Ambil 1 sendok makan minyak zaitun
  • Oleskan ke wajah Anda dengan jerawat
  • Pijat wajah dengan lembut dan perlahan
  • Pijat dengan tekanan yang cukup
  • Lakukan selama 4 – 5 menit
  • Biarkan bertindak selama 15-20 menit
  • Bersihkan wajah dengan lap bersih dan hangat
  • Ulangi pijatan beberapa kali
  • Lakukan dua kali sebelum tidur setiap hari

2. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

1. Mencegah dan mengurangi risiko kanker
Sifat antioksidan dan anti-inflamasi kuat dalam minyak zaitun dan juga dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara dan kanker kulit, melalui aksi fenol dan vitamin E.

Untuk kanker kulit, penggunaan minyak zaitun secara teratur sebagai tabir surya adalah cara terbaik untuk mencegah kulit terbakar dan melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB. Dengan melanoma ganas seperti itu, jenis kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.

Sedangkan pada kanker payudara, kanker payudara sering terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat. Lemak dalam minyak zaitun dapat berperan dalam mengendalikan genesis tumor ini, yang merupakan prekursor kanker payudara. Minyak zaitun, yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan, akan menjadi kunci penting untuk melawan tumor.

2. Aliran darah lancar
Tingkat lemak Omega 9.6 dan 3 meningkatkan jamur pembuluh darah endotel, membuat aliran darah lebih lancar.

3. Kontrol kolesterol
Dengan sirkulasi yang lancar dan antioksidan yang sangat tinggi dalam minyak zaitun, oksidasi kolesterol dalam darah dapat dicegah.

4. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung
Kaya akan minyak zaitun, antioksidan mencegah kolesterol darah dari oksidasi, sehingga dapat melindungi, mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Kontrol tekanan darah
Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Untuk hasil yang lebih nyata, konsumsilah atau minumlah minyak zaitun extra virgin

6. Kentalkan tulang dan cegah osteoporosis
Tes dilakukan pada tikus yang kondisinya mirip dengan menopause wanita. Ada kelompok yang sibuk meminum minyak zaitun. Sementara kelompok lain tidak. Hasilnya menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun mengalami penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.

7. Mengurangi radang kulit
Sifat anti-inflamasi dari minyak zaitun cocok untuk pengobatan dermatitis seperti kulit terbakar, kulit sensitif dan gatal-gatal.

8. Bantu dengan pengobatan Alzheimer
Peneliti Italia di University of Florence menemukan bahwa polifenol dalam minyak zaitun dapat mencegah atau menunda timbulnya penyakit Alzheimer. Studi yang dipublikasikan di PLOS One, jurnal akses terbuka, meneliti manfaat kesehatan dari minyak zaitun pada tikus dengan penyakit Alzheimer. Tikus diberikan oleuropein aglikon, polifenol utama, diberikan 8 minggu dalam zaitun asli.

Baca Juga :