Macam Jaringan Komputer

Macam jaringan komputer

Macam Jaringan Komputer

Macam jaringan komputer
Macam jaringan komputer

 

Bentuk/Topologi Jaringan komputer

Macam atau jenis jaringan komputer lainnya dapat dipandang dari segi bentuk atau topologi jaringan komputer tersebut. Secara garis besar, terdapat 3 macam bentuk yaitu bus , star (bintang) dan ring (cincin).
Jaringan komputer berbentuk bus adalah metode atau bentuk paling sederhana dari jaringan komputer. Menggunakan satu line komunikasi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan data. Terdapat T connector atau bagian yang menghubungkan antara line komunikasi dengan satu komputer.
Jenis dan Macam Macam Jaringan Komputer

Macam Jaringan komputer :Tipe Bus

Bentuk jaringan komputer tipe kedua yaitu star atau bintang. Dikatakan berbentuk bintang atau star karena semua komputer berhubungan melalui satu pusat yang dapat merupakan switch, hub ataupun komputer pusat.
Jenis dan Macam Macam Jaringan Komputer

Macam jaringan komputer: Tipe Star

Bentuk jaringan komputer tipe ketiga yaitu cincin atau ring. Bentuk ini hampir sama dengan tipe bus akan tetapi berhubungan langsung antara komputer satu dengan komputer lainnya secara berurutan sehingga membentuk lingkaran.
Jenis dan Macam Macam Jaringan Komputer

Macam jaringan komputer: Tipe Cincin

Kelemahan Tiap Jaringan komputer: Topologi
Jaringan komputer bentuk Bus dapat terjadi tabrakan atau clash data saat beberapa komputer dalam jaringan komputer tersebut mengirim bersamaan dalam line komunikasi tersebut. Untuk itu, beberapa tipe bus menggunakan teknik Carrier Sense Multiple Access untuk mengurangi hal tersebut dengan membagi trafik data.

Jaringan komputer tipe star, sebenarnya tidak memiliki kelemahan berarti kecuali bila pusat jaringan komputer tersebut rusak seperti terjadi kerusakan pada switch atau hub atau komputer server pada jaringan komputer star.
Jaringan komputer tipe cincin atau ring merupakan jaringan komputer yang paling cacat karena sangat rentang akan kegagalan pengiriman dan penerimaan data khususnya dari komputer yang berjarak jauh. Kerusakan pada satu komputer dalam ring dapat merusak sistem jaringan komputer tersebut.

Baca Juga :