macam Jaringan Komputer berdasarkan Cakupan Areal

macam Jaringan Komputer berdasarkan Cakupan Areal

macam Jaringan Komputer berdasarkan Cakupan Areal
macam Jaringan Komputer berdasarkan Cakupan Areal

Macam macam Jaringan Komputer berdasarkan Cakupan Areal

Macam jaringan komputer berdasarkan cakupan areal nya dapat dibagi secara dasar menjadi tiga yaitu LAN atau Local Area Network, Metropolitan Area Network (MAN) dan WAN (Wide Area Network).
LAN atau Local Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki areal cakupan yang sempit, umumnya hanya pada satu atau bangunan tunggal. Jaringan komputer tipe LAN menggunakan ethernet dan kabel UTP untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. LAN sering menggunakan teknologi Arcnet dan Token Ring. Pemindahan data yang cukup besar sering terjadi dalam LAN.
MAN atau Metropolitan Area Network dapat digambarkan sebagai gabungan dari beberapa LAN yang ada ditiap bangunan. Dapat pula berupa gabungan LAN yang ada ditiap bagian bangunan seumpama bangunan tersebut cukup besar seperti hotel lantai 100 atau Kantor yang terdiri atas beberapa divisi kerja. Jenis jaringan komputer ini tentu saa memiliki cakupan area yang lebih luas. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan teknologi backbone seperti fiber optik.
WAN atau Wide Area Network dapat berupa gabungan MAN ataupun gabungan LAN. WAN jelas berbeda dengan LAN akan tetapi masih sulit dibedakan antara WAN dan MAN. Perbedaan yang jelas antara WAN dan MAN adalah MAN hanya mencakup daerah seperti antar kota sedangkan WAN dapat berupa antar kota, negara, bahkan antar benua.