Lebih dari satu dekade kemudian, saya masih terpesona oleh Techno Viking

Lebih dari satu dekade kemudian, saya masih terpesona oleh Techno Viking

Lebih dari satu dekade kemudian, saya masih terpesona oleh Techno Viking

 

 

Lebih dari satu dekade kemudian, saya masih terpesona oleh Techno Viking
Lebih dari satu dekade kemudian, saya masih terpesona oleh Techno Viking

Ada sesuatu yang tak terlukiskan memikat tentang hal itu. Saya menemukan diri saya menonton klip setidaknya beberapa kali setahun. Saya bisa mencoba menjelaskannya, tetapi misterinya menghindari tulisan. Setiap detail kecil dalam video benar-benar masuk ke tempatnya, seolah-olah itu dipentaskan. Tapi ternyata tidak.

Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG
Di mana saya memulai? Tetap bersamaku selama sinopsis ini – atau gulir ke bawah untuk menonton video yang sebenarnya terlebih dahulu.

Video dibuka dengan seorang wanita dalam cyan wig yang canggung menari dengan canggung ke trek techno (” Navigator ” oleh Can-D-Music) di siang hari bolong. Dia bukan satu-satunya subjek yang terlihat – dia menari di samping kerumunan ravers – tapi dia tidak bisa disangkal menjadi fokus acton hingga saat itu. Entah dari mana, seorang pria yang tampak mabuk melangkah masuk ke dalam bingkai dan agak menabraknya.

Tidak jelas apakah tindakannya disengaja, tetapi ia dengan cepat mulai berjalan pergi setelah menabrak wanita itu. Inilah saat protagonis sesungguhnya dari video masuk: lelaki yang sekarang terkenal dengan sebutan techno viking .

Bertelanjang dada, techno viking meraih pergelangan tangan pria yang mabuk itu, dan dengan cepat menangkap pergelangan tangannya yang lain juga. The techno viking, yang benar-benar mengenakan dan mengenakan celana pendek denim, mengolok-olok pria mabuk itu, memberitahunya, dan melepaskannya, menunjuk ke arah di luar bingkai. Pria mabuk mulai berjalan ke arah itu, dan meninggalkan bingkai.

Techno viking terus-menerus merampoknya, menatapnya selama 10 detik. Dia kemudian mengangkat jarinya lagi dan – saya kira – terus menunjuk pada pria yang mabuk setidaknya enam detik lagi.

Kemudian, hampir seolah-olah karena isyarat, seorang pria acak berjalan dari latar belakang mengeluarkan botol air dari tasnya, mendekati techno viking, dan melayang-layang botol – yang karena alasan tertentu ia memegang terbalik – tepat di depan wajah techno viking. Tanpa memalingkan kepalanya, teknisi itu mengambil botol itu, dan baru kemudian ia mengenali lelaki itu dengan melirik ke arahnya.

Dia membuka botol dan mulai meminumnya. Beberapa tegukan kemudian, dia mengembalikan botol itu kepada lelaki itu.

Tidak ada yang tahu apakah ada sesuatu di dalam air, tetapi techno viking tampaknya bersemangat. Dia segera mulai menari dalam gerakan maju, setiap gerakannya menempel tepat ke irama lagu di latar belakang. Kerumunan yang menari lesu sekarang mengikutinya saat ia bergerak maju.

Seorang pria acak lain muncul dari kerumunan dan menyerahkan techno viking selebaran. Sekali lagi, bahkan tanpa menoleh, techno viking mengambil selebaran itu, masih menari dengan ringan. Pria itu keluar dari bingkai. Lagu di latar belakang berubah ( ” Simpan Perubahan dan Keluar ” oleh Winstan vs Noia) . Techno Viking berhenti sejenak untuk mengintip selebaran. Dia kemudian melipatnya, menunjuk seseorang yang tidak terlihat dan menggumamkan sesuatu dengan tidak jelas, saat dia secara bersamaan merobek selebaran itu dan menjatuhkannya ke tanah. Dia menari sepanjang semua ini.

Para juru kamera dengan singkat memutar lensa mereka ke kiri untuk mengungkapkan techno viking sedang berbicara dengan pria yang awalnya menabrak wanita di wig cyan. Mereka kemudian membalikkan lensa kembali ke techno viking yang masih menari. Pada titik tertentu, pria lain mendekati techno viking, yang berbalik untuk terlibat dalam percakapan, dan berjalan menjauh dari kamera.

Video memudar menjadi hitam dan kami melihat bacaan intertitle “Fuckparade, 2000.” Sirip.

Banyak yang telah mencoba membuat ulang video di berbagai parodi, tetapi tidak satupun dari mereka yang cukup menangkap suasana dan dinamika video dengan keaslian dan kedekatan yang sama. Anda dapat langsung tahu bahwa mereka – yang terbaik – replika yang murah dari aslinya.

Mereka jelas terencana dan koreografi, namun masih tampak kurang teatrikal dan koreografi daripada video sebenarnya. Lewatlah sudah dinamika yang aneh dan tidak dapat diprediksi. Mereka juga kurang tayang sebagai parodi, karena tidak ada yang khusus tentang mereka.

Techno Viking: kisah asal
Video, yang awalnya direkam oleh seniman Matthias Fritsch di Fuckparade di Berlin pada tahun 2000, pertama kali dirilis pada tahun 2001. Namun, video tersebut tidak mendapat perhatian hingga pengguna mengunggahnya kembali ke YouTube pada tahun 2005, dan kemudian pergi. viral pada 2007 setelah melakukan putaran di berbagai papan pesan.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, Fuckparade dikandung sebagai kontra-demonstrasi untuk Love Parade – sebuah festival tari musik elektronik besar yang berasal pada tahun 1989 di Berlin Barat.

Ketika Love Parade tumbuh menjadi sebuah fenomena arus utama, menarik jutaan hadirin, ia menghilangkan suara-suara eksperimental tertentu yang sebelumnya merupakan bagian integral dari festival. Ini tidak cocok dengan beberapa penggemar hardcore, jadi mereka menendang Fuckparade untuk merayakan genre “terlarang” ini.

Techno viking, mungkin, adalah salah satu penggemar ini.

Menurut laporan dari 2010, rekaman Techno Viking telah mengumpulkan lebih dari 20 juta tampilan, tetapi jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi hari ini. Memang, beberapa hasil pertama di YouTube memiliki hampir 40 juta tampilan digabungkan. Fritsch mengklaim video tersebut telah menarik lebih dari 700 versi “remix” dan video reaksi.

Terlepas dari semua perhatian yang dihasilkan video ini, identitas techno viking tetap menjadi misteri. Banyak yang

berspekulasi techno viking tampil di sebuah acara binaraga Jerman yang dikenal sebagai Raab di Gefahr pada 2009, tetapi buktinya tidak terlalu meyakinkan . Beberapa orang menyarankan pria dalam video itu sebenarnya mantan pejuang UFC Keith Jardine.

Namun, seorang pengacara yang mewakili techno viking anonim mengklaim bahwa dia tidak pernah menjadi seorang figur publik, juga tidak pernah bermaksud menjadi seorang publik.

Yang kami tahu adalah techno viking bukan penggemar berat video Techno Viking. Itu juga sebabnya ada pengacara yang terlibat dalam cerita ini.

Tidak lama setelah video itu beredar, Fritsch didekati dengan beberapa tawaran untuk mendapat untung dari ketenaran Techno Viking. Selain menempatkan iklan di klip, artis juga membuat dan menjual sejumlah kecil merch Techno Viking.

Pada akhir 2009, seorang perwakilan hukum mengirimi Fritsch surat gencatan dan penghentian atas nama techno viking. Surat itu menegaskan penggunaan video oleh Fritsch melanggar hak techno viking, dan menuntut agar video itu segera dihapus. Itu juga melarang artis dari menjual barang dagangan (dia hanya menjual barang senilai sekitar $ 14.000 pada saat itu).

Keadaan semakin memburuk ketika techno viking membawa Fritsch ke pengadilan pada tahun 2013. Akhir tahun ini,

pengadilan memutuskan mendukung techno viking yang tidak disebutkan namanya, memerintahkan Fritsch untuk membayar € 13.000 (hampir $ 14.400) dalam kerusakan dan tambahan € 10.000 ($ 11.050) untuk biaya pengadilan.

Artis itu juga diperintahkan untuk menghentikan penggunaan gambar techno viking.

Kehidupan setelah “kematian”
Sementara techno viking anonim berhasil memblokir Fritsch dari menggunakan citranya dalam karya seninya, itu tidak menghalangi sang artis untuk melanjutkan kisahnya.

Fritsch kemudian menjalankan kampanye Indiegogo , berusaha mengumpulkan dana untuk film dokumenter berjudul The Story of Technoviking , yang akhirnya dirilis pada 2015.

Dalam film dokumenter tersebut, Fritsch mengikuti legenda Techno Viking dari kelahirannya di Fuckparade pada

tahun 2000, hingga ledakannya sebagai fenomena viral sekitar tahun 2007, dan pelantikannya berikutnya ke dalam kerajaan meme . Film ini juga mengeksplorasi teka-teki etis dan hukum siapa yang memiliki citra Techno Viking: protagonis yang tidak disebutkan namanya, artis, atau kita, internet .

Saya bukan salah satu dari orang-orang ini yang berkomentar, “Siapa yang menontonnya di tahun 2020?” di bawah video, tapi ada satu hal yang saya tahu pasti: magnet dari video Techno Viking adalah abadi, dan saya tidak ragu saya akan menemukan diri saya menontonnya pada tahun 2020 – dan pada 2021, pada 2022, dan seterusnya.

Sumber:

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/jasa-penulis-artikel/