Langkah Sederhana Mengendarai Mobil Matic

Hal-hal kecil yang perlu kita ketahui untuk keselamatan kita. Setelah berkenalan dengan hal-hal terpenting dalam mengendarai mobil, kami kembali lagi untuk meninjau 7 langkah atau cara mengendarai mobil secara otomatis.

1. Langkah pertama

Jika kita ingin menghidupkan atau mengendarai mobil, kita harus memastikan bahwa tuas mobil berada di posisi P (Parkir) atau dengan simbol lain, N (Netral). Desain transmisi Matic diciptakan oleh produsen mesin mobil sehingga mesin mobil dapat hidup jika posisi tuas ada di P (Parking) atau N (Normal).

2. Langkah kedua

Jika mesin mobil baru saja dinyalakan, tunggu beberapa menit untuk suhu mesin dan transmisi akan dicapai secara otomatis. Di antara berbagai jenis transmisi otomatis, percepatan perpindahan tidak terjadi secara otomatis sempurna karena suhu kerja tidak normal.

3. Langkah ketiga

Jika Anda menekan pedal rem, jika Anda ingin memindahkan tuas atau menghidupkan mesin, pastikan rem telah ditekan. Dan jika kita memindahkan tuas dari P ke R dan dari N ke D atau sebaliknya, ada rem saat mengganti tuas salah satunya untuk menghindari kerusakan pada mesin.

4. Fase empat

Jika Anda ingin memulai perjalanan dalam kondisi normal, lihat tuas di posisi D (Panduan) yang berguna untuk maju sementara tuas berada di posisi R (belakang). Mengendarai mobil tidak hanya akan melewati jalan lurus tetapi juga akan berkendara di jalan yang memiliki kemiringan, turunan dan bahkan jalan yang licin. Jika Anda bertemu dengan jalan, Anda perlu bantuan untuk menghentikan mesin, Anda harus memindahkan tuas ke posisi 2. Jika perjalanan mengalami tanjakan atau menurun sangat ekstrim, tuas harus dipindahkan ke posisi 1 atau L.JI

5. Langkah kelima

Dalam pemilihan mode untuk operasi ekonomi, jika tersedia. Juga dilihat dari penggunaan ekonomi umumnya hanya digunakan untuk kondisi di mana selama perjalanan ke kota yang sangat terkenal dengan kemacetan lalu lintas, setiap pengemudi ingin menghemat penggunaan bahan bakar atau ingin mengendarai kendaraan dengan cara yang santai. Anda juga dapat memilih metode ekonomi, pergeseran metode akselerasi secara otomatis akan berlangsung di awal.

Dalam mode daya, kemungkinan perubahan kecepatan otomatis lebih lambat sehingga mobil bisa berakselerasi. Ada banyak jenis transmisi otomatis, dalam pemilihan mode operasi, itu akan sama dengan pemilihan mode operasi S (Sport)

6. Langkah keenam

Di dalam mobil ada sesuatu yang disebut tombol OD atau menggerakkan tuas ke posisi 3, fungsinya untuk membantu kita mempercepat menggunakan gigi 3. Jika kita ingin lebih cepat dan ingin menyalip mobil di depan kita, kita harus menggunakan kecepatan di atas standar yaitu sekitar 60-80 km / jam dengan kecepatan 60-80 km / jam kita juga bisa menggunakannya ketika kita berada di area yang memiliki panjang yang panjang dan kita harus menggunakan gigi 3. Jika tombol OD / OFF menyala, tanda bahwa gerakan percepatan terbatas pada gigi 3.

7. Langkah ketujuh

Untuk menggunakan mode operasi manual, pilih metode pengoperasian M (Manual) jika Anda ingin mengendarai kendaraan, seperti mobil manual. Dengan fungsi manual, kemungkinan peningkatan atau penurunan kecepatan akselerasi dapat sesuai dengan apa yang diinginkan pengemudi. Hanya dengan menggerakkan tuas ke posisi M (Manual), atau bahkan ketika mobil dalam keadaan diam atau dalam keadaan berjalan tidak teratur, gerakkan tuas (+) untuk menambahkan gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi.

Sumber : honda lampung