Khutbah Jumat Bulan Ramadhan No ratings yet.

Posted on
Banyak orang yang tidak memahami kontek khutbah jum’at, apalagi Khutbah Jumat Bulan Ramadhan kadang-kadang sebagian orang banyak menambah nambah meleceng dari alur cerita yang akan di sampaikan oleh khotib, Sebaiknya sebalum kita menjadi Khatib, Kita Harus paham dulu rukun dan ketentuan dari Syarat Khutbah itu sendiri.

Hukum Shalat Jum’at Bulan Ramadhan

Hukum shalat jum’at Bulan Ramadhan adalah wajib bagi seorang laki-laki khusus Pria dewasa atau anak yang sudah akil baliq, dan untuk Wanita Hukumnya sunnah, Tetapi Bagi Wanita Hanya diwajibkan Untuk Shalat zuhur. Dan Hukum ini Diwajibkan Hanya pada Mukimin atau Orang Yang Mukim.

Jika kita sedang dalam Perjalan Jauh, Maka tidak Diwajibkan untuk Sholat jum’at, tetapi wajib menjalankan Sholat Zuhur, Apabila Perjalanan kita atau sudah menetap lebih dari 3 hari, maka Hukumnya menjadi wajib untuk shalat jum’at

Syarat Menjadi Khotib Khutbah Jum’at Bulan Ramadhan

  1. Khatib harus laki-laki yang sudah akil baliq.
  2. Khutbah harus diperdengarkan dan didengarkan oleh para jamaah shalat Jumat karena masuk Rukun Sholat
  3. Khutbah menyampaikan pesan 2 rokaat sholat Jumat.
  4. Khatib harus suci dari hadas.
  5. Khatib harus suji dari najis.
  6. Khatib harus menutup aurat.
  7. Khatib Sebaiknya Hapalannya yang paling banyak atau yang dituakan Oleh masyarakat.
  8. Khatib yang ber Khutbah dilakukan dengan cara berdiri menghadap ke Jamaah
  9. Khutbah duduk sejanak diantara dua khutbah
  10. Rukun-rukun khutbah harus jelas,
  11. Khutbah harus sesingkat mungkin,
  12. Rukun-rukun khutbah harus menggunakan bahasa arab.
  13. Pelaksnaan Sholat Jum’at Jika dilakukan di masjid jami ‘sebiaknya di lakukan setidaknya 40 makmum, tetapi dalam keadaan tertentu boleh dilaksanakan kurang dari itu.
  14. Harus lah orang yang berilmu atau ‘alim atau Ngalim

Rukun Khutbah Jum’at Bulan Ramadhan

  1. Memuji Kepada Yang maha kuasa yaitu Allah SWT
  2. Membaca Ayat Al-qur’an
  3. Membaca membaca Sholawat yang di tujukan kepada Baginda Nabi SAW
  4. Berwasiat kepada Jamaah (Menyampaikan wasiat haruslah Tegas, Jelas dan tidak bertele-tele)
  5. Bersholawat di antara kedua Khutbah
  6. Duduk kelompok diantara dua khutbah

Hal-hal yang membatalkan Khutbah Jum’at Bulan Ramadhan

  1. Khutbah Panjang dan tidak jelas
  2. Khatib Terlalu banyak bergerak
  3. Khatib Tidak Menghadap Ke Jamaah
  4. Khatib Batal Wudhu
  5. dst

Jika diatanra kami tidak ada ngalim, maka pilihlah yang hapalannya paling banyak, jika hapalannya sama banyaknya maka pilihlah yang paling tua diantara mereka, jika umur mereka sama maka pilihlah yang prilakunya paling baik diantara mereka.

Jangan mensepelekan Urusan dalam memilih Khatib atau orang yang menyampaikan khutbah, karena salah satu syarat sah sholat jum’at adalah khutbah, dan khutbah ini di hitung 2 roka’at sholat, jadi sebaiknya cerdaslah memilih Khatib dan imam ketika sholat.

Coba banyangkan jika khatib atau imam bukan dari orang yang berilmu atau ngalim, maka sholatnya tidak diterima oleh allah SWT. karena lalai mengingat allah SWT. Allah SWT Penyampaikan dalam Al-qur’an “Celakahlah bagi orang-orang menunaikan shalat, tetapi didalamnya lalai mengingatKu”  Coba anda bayangkan jika seorang imam tidak tau ilmu shalat atau tidak paham Rukun shalat atau lalai. bagaimana Nasib jamaahnya?

Banyak orang khususnya diwilayah perkotaan yang kurang menjaga ilmu pengetahuan bidang agama, padahal cerminan orang berilmu itu adalah adab, tingkah laku dan prilaku, bukan terletak pada kepintarannya membaca sesuatu. Misalkan ada orang yang di anggap ustad di suatu daerah, tetapi hidup kesehariannya tidak mencerminkan gelar ke Ustad tannya.

Atau ada seorang ustad yang suka mengkoreksi kejelekan Bacaan Ustad lain, Maka orang seperti itu tidak pantas untuk dijadikan panutan, Jadi Berhati-hatilah dalam memilih Imam dan khotib terutama di sholat Jumat.

Bulan Ramadhan adalah bulan punuh ampunan, Bulan suci yang lebih baik dari seribu bulan, Dalam mengenal Penghulunya hari yaitu hari jum’at apalagi di bulan ramadhan ini, perbanyaklah bersholawat karena dengan sholawat akan memudahkan segala urusan kita.

penjelasan sedikit penjelasan tentang Khutbah Jumat Bulan Ramadhan yang mudah-mudahan kita lebih berhati-hati dalam memilih khatib dan imam shalat jum’at.

Berkaitan dengan bulan ramadhan saya sudah menulis artikel tentang:

Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

demikianlah artikel tentang Khutbah Jumat Bulan Ramadhan semoga ada manfaatnya. amin

Please rate this