Keistimewaan Bulan Ramadhan 5/5 (1)

Posted on

Pada kitab durratun nasihin dalam bab keistimewaan bulan ramadhan seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya bahwa banyak sekali keutamaan di bulan romadahan ini, dan banyak amalan yang bisa kita kerjakan untuk mencari padol allah dan semua ganjaran akan di lipat gandakan.

Keistimewaan Bulan Ramadhan
kitab durratun nasihin bab keistimewaan bulan ramadhan

Keistimewaan Bulan Ramadhan

kali ini saya akan menyebutkan beberapa Keistimewaan Bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui dan semoga kita bisa menjalaninya.

Shalat Sunaah

Di bulan Suci rhoamdhan Tidak hanya menjalankan puasa saja tetapi sebaiknya memperbanyak solat sunnah yang sudah yang menjadi keutamaan Dibulan suci ramadhan.

  • Tarawih

Sebagai umat muslim kita disunah kan untuk melaksanakan shalat tarawih yang mana sholat tarawih ini hanya ada pada bulan suci ramadhan

  • Sholat Lailatul Qodar

Sebagian Orang Sangat memimpikan Datangnya Lailatul Qodar dimana malam itu merupakan malam lebih baik daripada seribu bulan, Sperti yang sudah saya tulis dalam artikel Niat Sholat Lailatul Qodar Berjamaah

  • Sholat Tahajud

dibulan ramadhan sangat di anjurkan untuk memperbanyak shalat sunnah tahajud dimana sholat ini biasa dilakukan di malam-malam di bulan lainnya, tetapi dimalam ramadhan sangat di anjurkan untuk mengambil keberkahan dibulan yang penuh dengan rotmat ini.

 

Tadarus

Bagi Pemeluk agama islam ahlu sunnah wal jamaah, sudah di asing lagi dengan kata tadarusan, sudah menjadi kebiasaan umat islam sedunia, untuk senantiasa membaca dan memperlajari al-quran di bulan suci ini, karena memang selain untuk mendapatkan Rohmat bagi pembacanya juga akan mendapat pahala bagi yang mendengarkannya.

Membaca Al-Qur’an Menghatamkan nya dalam sebulan juga sudah menjadi tradisi dalam memeriahkan bulan penuh rahmad ini karena banyak hal yang bisa petik hikmahnya dalam membaca al-quran, Kecil tua muda semua gamar membaca al-qur’an di bulan ramdhan ini.

  • Bersholawat

Memperbanyak membaca sholawat juga sangat di anjurkan di bulan suci ini karena barang siapa yang membaca sholawat di bulan ramadhan akan banyak mendapatkan keumdahan dan insyallah akan mendapatkan safaat kanjeng nabi SAW di yaumil akhir nanti.

Baca Juga:  Kitab Durratun Nasihin

Seperti yang di terangkan dalam  kitab durratun nasihin bab keistimewaan bulan ramadhan

Berkata Nabi SAW : Apabila malam pertama bulan Ramadhan Allah Firman : siapa yang mencintaiku maka aku mencintainya dan barangsiapa yang mencariku maka aku mencarinya dan barangsiapa yang memohon ampun pada-Ku maka Aku ampuni dia karena hormat bulan Ramadhan Maka Allah menyuruh malaikat kiramul katibin di dalam bulan Ramadhan untuk mencatat mereka kebaikan2 pada untuk tidak mencatat keburukan2 mereka dan Allah hapus kan atas mereka dosa2 mereka yang telah lalu”

 

Itulah sekilas tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan yang di terangkan dalam  kitab durratun nasihin bab keistimewaan bulan ramadhan, Semoga kita di tolong allah SWT untuk dapat mengamalkan ajaran islam sesuai dengan tuntunan syareat islam. amin

sumber : Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

Please rate this