Kecerdasan Emosional Dasar Untuk Kecerdasan Sosial Anak

Kecerdasan Emosional Dasar Untuk Kecerdasan Sosial Anak

Di dalam buku-buku besar tumbuh kembang seringkali dilafalkan bahwa semenjak usia 2 sampai 6 tahun anak telah tumbuh menjadi makhluk sosial yang kompleks. Mereka telah lebih peka dalam mengetahui perasaan orang beda dan mengetahui situasi yang ada. Kepekaan pada orang beda dan tanggap dalam memberikan pertolongan sudah berkembang semenjak usia dua tahun. Aksi yang mencerminkan kepintaran sosial. Tahukah Anda, kepintaran sosial merpakan karakter yang dibutuhkan untuk si kecil guna berhati besar? Ada sejumlah pekerjaan yang dapat dilaksanakan orang tua supaya karakter Si Kecil Berhati Besar bisa dikembangkan pada anak semenjak dini. Tentu saja dalam format kegiatan yang mengasyikkan dan digemari anak.

1) Orang tua memberi peluang pada anak guna menampilkan sekian banyak aksi tangggap pada orang lain, laksana melibatkan anak dalam menolong mengerjakan tugas-tugas lokasi tinggal tangga simpel di rumah. Misalnya dengan menolong ibu memungut jemuran, turut menyiapkan perangkat mandi adik, sampai menyiapkan meja makan. Tentu saja orang tua mesti lebih dulu menjadikan dirinya model perilaku untuk anak. Dengan memberikan misal bagaimana ayah dan ibu saling peka dan tanggap satu sama lain. Ayah yang siap menolong ibu membawakan barang belanjaan atau ibu yang membukakan pintu untuk ayah yang kembali dari kantor bisa menjadi misal kecil untuk anak supaya kelak mengembangkan kepedulian yang sama.

2) Mentransfer nilai-nilai dalam format diskusi cocok usia anak. Tentu saja pekerjaan ini umumnya dilaksanakan saat membaca kisah atau menyaksikan film dimana ayah dan ibu daat menyerahkan pandangan mereka danmenggali pandangan anak mengenai aksi-aksi tanggap dan peduli pada orang beda yang terdapat pada tayangan. Hey, anak yang berhati besar akan gampang peka pada apa yang mereka lihat meski melulu melalui film.

3) menyerahkan reinforcement atas perilaku prososial yang ditampilan anak; laksana pujian secara verbal bahwa ia sudah mengerjakan aksi hebat dari anak-anak yang berhati besar. Pujian adalahpenguat sosial yang tepat diserahkan pada anak supaya kelak ingin mengulangi aksi yang sama.

Sumber : http://www.zakonia.ru/links/goto?url=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id/