Jenis dan Fungsi Satelit

Jenis dan Fungsi Satelit

Jenis dan Fungsi Satelit

Jenis dan Fungsi Satelit

Satelit Alami

Satelit alami merupakan benda yang terdapat di luar angkasa yang mengorbit suatu planet dan bukan buatan manusia. Satelit alami bumi ialah bulan. Selama bulan mengelilingi bumi, bulan mengalami 3 gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi bulan mengelilingi bumi, serta revolusi bulan dalam mengelilingi matahari.

Rotasi adalah gerakan perputaran bulan pada porosnya, waktu rotasi bulan sama dengan satu bulan (29hari), sedangkan revolusi adalah gerakan beredarnya bulan dalam mengelilingi bumi. Hal ini mengakibatkan apabila dilihat dari bumi, bentuk dari bulan itu akan berubah-ubah, kejadian ini disebut fase bulan.

Selain berotasi serta berevolusi, bulan bersama dengan bumi juga mengitari matahari. Waktu yang ditempuh bulan guna mengitari matahari sama dengan waktu yang diperlukan oleh bumi guna mengelilingi matahari, yaitu 1 tahun. Bulan mengelilingi matahari dalam setahun sekali dan mengelilingi bumi 12 kali dalam 1 tahun, sehingga revolusi bulan dijadikan penanggalan masehi atau hijriah. Berikut fungsi satelit alami (bulan) :

  1. Secara tidak langsung satelit alami dapat melindungi bagi planet yang diorbitnya dari berbagai hantaman benda luar angkasa lainnya seperti komet dan asteroid.
  2. Dapat mengontrol kecepatan rotasi sebuah planet sebab efek gravitasional tidal wave.
  3. Menyeimbangkan perputaran pada siklus air laut sehingga terdapat pasang surut air laut.
  4. Mengurangi efek dari akibat radiasi sinar ultraviolet.
  5. Adanya siang dan malam.

Satelit Buatan

Satelit buatan ialah salah satu benda yang terdapat di luar angkasa yang merupakan buatan manusia dan mengorbit pada suatu planet. Satelit buatan mempunyai jenis serta fungsi tertentu dan dengan tujuan bagi kepentingan manusia. Berikut adalah jenis-jenis satelit yang berdasarkan fungsinya.

  1. Satelit navigasi, berfungsi bagi dunia penerbangan dan pelayaran. Satelit navigasi dapat memberikan informasi tentang posisi pesawat terbang serta kapal yang dalam perjalanan.
  2. Satelit geodesi, berfungsi guna melakukan pemetaan bumi serta mendapatkan berbagai informasi tentang gravitasi.
  3. Satelit komunikasi, berfungsi bagi dunia komunikasi seperti televisi, telepon, dan sebagainya.
  4. Satelit meteorologi, berfungsi guna menyelidiki atmosfer bumi untuk melakukan peramalan cuaca.
  5. Satelit penelitian, berfungsi guna menyelidiki tata surya serta alam semesta secara lebih luas dan bebas tanpa dipengaruhi oleh atmosfer. Satelit penelitian berusaha mendapatkan berbagai data-data mengenai matahari dan juga bintang-bintang lainnya guna mengetahui rahasia alam semesta.
  6. Satelit militer, berfungsi dalam dunia militer suatu negara, misalnya untuk mengintai kekuatan dari senjata musuh.
  7. Satelit survei sumber daya alam, berfungsi dalam memetakan serta menyelidiki berbagai sumber-sumber alam yang terdapat dibumi untuk kepentingan pertambangan, perikanan, pertanian, dan sebagainya.

Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/