Hipmi Jabar Luncurkan Aplikasi

Hipmi Jabar Luncurkan Aplikasi

Hipmi Jabar Luncurkan Aplikasi

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat akan meluncurkan aplikasi internal anggota berbasis android. Aplikasi yang dinamai Hipmi Jabar Connection Apps tersebut rencananya resmi diluncurkan bersamaan dengan pelantikan pengurus baru Hipmi Jabar di Gedung Sate, hari ini (20/10).

Ketua Umum Hipmi Jawa Barat Jodi Janitra mengatakan, aplikasi tersebut terinspirasi dari layanan jasa Go-jek. Acuannya, para pengojek yang dulunya hanya menunggu penumpang, kini beralih ke aplikasi mobile. ”Tukang ojek yang umumnya tidak paham mengenai teknologi mobile, kini malah lebih maju dalam arti, cepat tanggap. Nah apalagi kita para pengusaha, yang sehari-hari menggunakan smartphone tentu harus lebih maju dari itu,” kata Jodi kemarin di Bober Tropica Jalan Sumatera kemarin (19/10).

Namun, tidak lantas aplikasi tersebut juga akan sama persis dengan Go-Jek.

Bedanya, teknologi tersebut tidak bisa diakses oleh masyarakat umum. Sebab, proyeksi pengembangan dari aplikasi tersebut lebih mengutamakan transaksi bisnis untuk internal anggota Hipmi.

Jodi mengatakan, prototipe aplikasi tersebut diharapkan bisa digunakan secara

nasional di internal Hipmi. Dengan begitu, bussines to bussines antar anggota se-Indonesia bisa terjalin tanpa melalui perantara (calo).

Alasannya klasik, di internal Hipmi tidak semuanya saling mengenal.

Alhasil, kerap terjadi miskomunikasi antar anggota. ”Kalau pun transaksi terjadi, biasanya itu sudah melalui tangan ke-17 lah, artinya banyak calo yang bermain ketika saya tidak mengenal langsung si distributor atau agen. Dampaknya, harga yang tadinya murah bisa jadi sampai ke tangan buyer dengan harga mahal. Sebab, banyak tangan yang berusaha mencari margin,” tuturnya.

 

Baca Juga :