Firewall adalah Tembok Api Sistem Keamanan No ratings yet.

Posted on

Pengertian Firewall Internet?

Internet adalah kemajuan teknologi yang luar biasa yang menyediakan akses ke informasi, dan kemampuan untuk mempublikasikan informasi, dengan cara yang revolusioner. Tapi itu juga bahaya besar yang memberikan kemampuan untuk melakukannya mencemari dan menghancurkan informasi dengan cara revolusioner. Buku ini tentang salah satu cara untuk menyeimbangkan keuntungan dan risikonya – untuk mengambil bagian dalam Internet sambil tetap melindungi diri Anda sendiri.

Firewall adalah Tembok Api Sistem Keamanan

Kami menjelaskan berbagai model keamanan yang digunakan orang untuk melindungi data mereka dan sumber daya di Internet. Penekanan kami dalam artikel ini adalah pada model keamanan jaringan dan, khususnya, penggunaannya firewall Internet.

Firewall adalah bentuk perlindungan yang memungkinkan suatu jaringan untuk sementara terhubung ke Internet
menjaga tingkat keamanan. kita juga akan membahas tentang “Apa itu Firewall Internet?”, dan menjelaskan dasar-dasar firewall dan merangkum apa yang dapat – dan tidak dapat – lakukan untuk membantu mengamankan situs Anda.

Sebelum kita membahas apa yang dapat Anda lakukan dengan firewall, kami ingin menjelaskan secara singkat mengapa Anda membutuhkannya.

  1. Apa yang Anda lindungi di sistem Anda?
  2. Jenis serangan dan penyerang apa yang umum?
  3. Jenis keamanan apa yang dapat Anda lakukan digunakan untuk melindungi situs Anda?

Apa yang Anda Coba Lindungi?

Firewall pada dasarnya adalah perangkat pelindung. Jika Anda membangun firewall, hal pertama yang perlu Anda khawatirkan adalah apa yang Anda coba lindungi. Saat Anda terhubung ke Internet, Anda menempatkan tiga hal dalam risiko:

Data Anda: informasi yang Anda simpan di komputer

Data Anda memiliki tiga karakteristik terpisah yang perlu dilindungi:
Kerahasiaan   : Anda mungkin tidak ingin orang lain mengetahuinya.
Integritas       : Anda mungkin tidak ingin orang lain mengubahnya.
Ketersediaan : Anda hampir pasti ingin bisa menggunakannya sendiri.

Pentingkah Firewall Untuk Sistem Keamanan Kompter?

Kebanyakan Orang cenderung fokus pada risiko yang terkait dengan kerahasiaan, dan memang benar bahwa itu biasanya risiko besar. Banyak organisasi memiliki beberapa rahasia terpenting mereka – desain untuk produk, catatan keuangan, atau catatan siswa – di komputer mereka. Di sisi lain, Anda mungkin menemukan bahwa di situs Anda hal itu relatif mudah pisahkan mesin yang berisi jenis data sangat rahasia ini dari mesin yang terhubung ke Internet. (Bukan tidak mungkin; Anda tidak dapat melakukan perdagangan elektronik Internet tanpa memiliki informasi tentang pesanan dan uang melewati mesin yang dapat diakses Internet.)

Baca Juga:  Computer Network Security
Firewall adalah Tembok Api Sistem Keamanan
Firewall adalah Tembok Api Sistem Keamanan

Misalkan Anda dapat memisahkan data Anda dengan cara ini, dan tidak ada informasi yang dapat diakses oleh Internet rahasia. Dalam hal ini, mengapa Anda harus mengkhawatirkan keamanan? Karena kerahasiaan bukanlah satu-satunya hal yang Anda coba melindungi. Anda masih perlu mengkhawatirkan integritas dan ketersediaan. Lagi pula, jika data Anda bukan rahasia, dan jika tidak keberatan itu diubah, dan jika Anda tidak peduli apakah ada orang yang bisa mendapatkannya atau tidak.

Meskipun data Anda tidak terlalu rahasia, Anda akan menanggung akibatnya jika dihancurkan atau diubah. Beberapa konsekuensi ini memiliki biaya yang dapat dihitung: jika Anda kehilangan data, Anda harus membayar untuk memperbaikinya; jika Anda berencana untuk menjual data itu dalam beberapa bentuk, Anda akan kehilangan penjualan terlepas dari apakah datanya sesuatu yang Anda jual secara langsung, desain tempat Anda membuat sesuatu, atau kode untuk produk perangkat lunak.

Biaya tidak berwujud juga terkait dengan insiden keamanan apa pun. Yang paling serius adalah hilangnya kepercayaan (pengguna kepercayaan, kepercayaan pelanggan, kepercayaan investor, kepercayaan staf, kepercayaan siswa, kepercayaan publik) pada sistem dan data Anda dan, akibatnya, hilangnya kepercayaan pada organisasi Anda.

Sumber daya Anda atau  komputer itu sendiri

Penyusup sering berargumen bahwa mereka hanya menggunakan sumber daya yang berlebihan; Akibatnya, gangguan mereka tidak memerlukan biaya korban mereka apa saja. Ada dua masalah dengan argumen ini.

Pertama, tidak mungkin bagi penyusup untuk menentukan dengan sukses sumber daya apa yang berlebihan dan hanya menggunakan itu. Saya tidak mungkin terlihat seolah-olah sistem Anda memiliki lautan ruang disk kosong dan jam waktu komputasi yang tidak terpakai; pada kenyataannya, Anda mungkin baru saja akan mulai menghitung urutan animasi yang akan digunakan setiap bit dan setiap mikrodetik. Seorang penyusup tidak dapat mengembalikan sumber daya Anda saat Anda menginginkannya.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Email Yang Tersembunyi Tanda Bintang

Kedua, itu adalah hak Anda untuk menggunakan sumber daya sesuai keinginan Anda, bahkan jika Anda hanya merasakan semacam kegembiraan,  melihat ruang disk yang kosong, atau jika Anda menyukai tampilan lampu yang berkedip saat tidak ada yang terjadi pada Anda komputer. Sumber daya komputasi bukanlah sumber daya alam yang dimiliki oleh hak dunia pada umumnya, juga bukan sumber daya terbatas yang terbuang atau dihancurkan jika tidak digunakan.

Jenis atau Firewalls

Ada 8 Type atau Model Firewalls atau 8 Computer Security Systems

Packet-filtering firewalls – Circuit-level gateways – Stateful inspection firewalls – Application-level – gateways (a.k.a. proxy firewalls) – Next-gen firewalls -Software firewalls -Hardware firewalls – Cloud firewalls

Fungsi firewall

Firewall berfungsi untuk mengawasi semua arus masuk dan keluarnya data pada jaringan sistem keamanan komputer anda, jadi firewall ini bukan hanya mengentorl data masuk dan keluar saja tetapi juga data internal komputer anda, Dan menjadi tembok api keamanan sistem oprasi komputer anda. saya akan berikan skema pentingnya firewall di sistem komputer.Lihat Gambar dibawah ini.

Firewall adalah Tembok Api Sistem Keamanan3
Skema 1:  Firewall pada Jaringan Komputer dan internet

 

Skema 2 Firewall dan Alur data
Skema 2 Firewall dan Alur data :

Untuk Saat ini kita cukupkan dulu artikel kali ini, di lain kesempatan akan saya bahas bagaimana membangun Firewall dalam sistem jaringan lokal dan Jaringan Internet

Please rate this