Faktor Terwujudnya Bakat

Faktor Terwujudnya Bakat

Faktor Terwujudnya Bakat

Faktor Terwujudnya Bakat
Faktor Terwujudnya Bakat

Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Faktor Faktor Terwujudnya Bakat

Yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa anak-anak berbakat memiliki potensi yang unggul. Potensi ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan, yang dilakukan oleh ahli terhadap tingkat keceradasan. Keberbakatan anak dalam proses perkembangannya memerlukan sentuhan dari lingkungan, berupa perawatan, pengasuhan dan pendidikan.

 

Lingkungan merupan faktor yang juga mempengaruhi perkembangan keberbakaan anak.

Melalui lingkungan anak memperoleh apa yang dibutuhkannya, termasuk peluang-peluang yang mendukung teraktualisasikan potensi yang dimilikinya. Faktor lingkungan ini diantaranya menyangkut aspek nutrisi yang dikonsumsi anak dan kenyamanan hidupnya, yang mempengaryhi perkembangan keberbakatan itu, disamping aspek yang bersifat fisik, juga kondisi lingkungan yang bersifat psikologis.

 

Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi bakat seseorang terwujud yaitu:

1. Keadaan lingkungan seseorang. Seperti, kesempatan, sarana dan prasarana yang tersedia, dukungan dan dorongan orang tua, taraf sosial, pedesaan, dan sebagainya.
2. Keadaan dalam diri sendiri. Seperti, minatnya terhadap suatu bidang, keinginannya untuk berprestasi, dan keuletannya untuk mengatasi kesulitan atau rintangan yang mungkin timbul.

 

Baca Juga :