ETIKA MANAJEMEN

ETIKA MANAJEMEN

ETIKA MANAJEMEN

ETIKA MANAJEMEN

  1. Pengertian Etika manajemen

Etika secara ertimologi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari dua kata yaitu Ethos dan Ethikos. Ethosberarti sifat, watak kebiasaan, tempat yang biasa. Ethikos berarti susila, keadaan, kelakuan dan pembuatan yang baik.

Etika berasal dari bahasa yunani kuno, kata yunani Ethos dalam bentuk tunggal mempunyai banyak arti: tempat tinggal, padang rumput, kandang, kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berfikir. Dalam bentuk jamak artinya dalah adat kebiasaan. Dalam arti ini, etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, tata cara hidup yang baik , baik pada diri seseorang atau kepada masyarakat. Kebiasaan hidup yang baik ini dianut dan diwariskan dari satu generasi ke generasi lain.

Kebiasaan hidup yang baik ini lalu dibekukan dalam bentuk kaidah, aturan atau norma ynag disebarluaskan, dikenl, dipahami, dan diajarkan secara lisan dalam masyarakat. Kaidah, norma atau aturan ini pada dasarnya, menyangkut baik buruk perilaku manusia atau, etika dipahami sebagai ajaran yang berisikan perintah dan kalangan tentang baik buruknya perilaku manusia yaitu perintah yang harus dipatuhi dan larangan yang harus dihindari.

Etika merupakan suatu prinsip, nilai dan kepercayaan yang mendefenisikan keputusan dan tindakan yang benar dan yang salah. Beretika berarti bertindak terbuka dan jujur untuk menjaga keyakinan dan kepercayaan publik terhadap perusahaan.

Etika manajemen adalah sekumpulan standar, kepercayaan dan juga pemikiran manusia atas tindakan yang dilakukannya pada sebuah organisasi yang dapat menimbulkan manfaat atau kerugian bagi organisasi atau perusahaan.


Baca Juga :