Doa Untuk Orang Sakit (Arab, Latin dan Terjemahan)

doa untuk orang sakit

Doa untuk orang sakit – Ketika berhadapan dengan orang sakit, kita sering berhadapan dengan banyak hal yang berat dan menakutkan. Tetapi satu-satunya cara untuk menangani orang sakit dengan cara sakit adalah dengan berdoa untuk orang yang sakit. Tidak hanya agar mereka dapat dengan cepat disembuhkan oleh Tuhan, tetapi juga untuk mendapatkan yang terbaik dari Tuhan. Seperti apakah doa penyembuhan itu?

Ada beberapa doa penyembuhan untuk orang yang sakit. Apa yang dapat Anda praktikkan ketika Anda mengunjungi mereka atau ketika Anda berdoa kapan saja, di mana saja. Berikut adalah beberapa doa untuk menyembuhkan orang sakit yang dapat Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

DOA KESEHATAN ATAU PENYEMBUHAN

Imam An-Nawawi mengutip beberapa kisah yang diceritakan Nabi ketika mengunjungi temannya yang sakit. Nabi berdoa dengan doa yang berbeda untuk para sahabatnya. Apa yang dapat kita ambil sebagai contoh ketika kita berdoa untuk orang-orang terdekat kita yang sakit?

Ini adalah salah satu doa yang telah disampaikan oleh Rasulullah kepada keluarganya yang kutip dari sumber waheed baly, seperti yang dilaporkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللهم رب الناس أذهأذب البسأ اشفش أنأت الشافي لا شافي إلا أنأت شفاء لا يغغ

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas Shafi. Lā syāfiya illā anta syifan lā yughādiru saqaman.

artinya:
Ya Allah, tuanku, tuan seluruh umat manusia, singkirkan semua penyakit yang meradang. Berikan kesembuhan, karena Andalah satu-satunya tabib. Tidak seorang pun kecuali Anda dapat menyembuhkan semua penyakit. Dengan penyembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit.
Dalam cerita lain, Rasulullah juga membacakan doa penyembuhan berikut ketika ia mencoba untuk meruqiyah salah satu temannya.

امسح البس رب الناس بيدك الشفشاء لا كاشفش له إلا أنأت

Mustahil raba nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

artinya:
Tuhan semua, hancurkan semua penyakit ini. Karena semua penyembuhan ini ada di tangan Anda. Dan tidak ada orang selain Anda yang bisa mengangkatnya.

Abu Dawud dan At-Tirmidzi juga mengatakan kata-kata Nabi untuk mendorong doa berikut. Sebanyak 7 kali sebelum orang sakit. Dengan doa ini, diharapkan Tuhan dapat menyingkirkan semua jenis penyakit dari orang ini.

أسألأ الله العظيظم رب العر العظيظم أنأ يشفشيك

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil’ azhīmi an yassfiyaka.

artinya:
Saya meminta kepada Allah yang Maha Besar untuk penyembuhan, Allah Yang Mahabesar akan menyembuhkan Anda.
Anda juga dapat berdoa untuk kesembuhan orang sakit dengan menyebutkan namanya secara langsung. Ini adalah apa yang Rasulullah lakukan ketika dia mengunjungi Saad Bin Abi Waqqash, seperti yang dilaporkan oleh Imam Muslim berikut. Namun, ganti nama Saad dengan nama orang yang sakit.

اللهم اشف سعدا, اللهم اشف سعدا اللهم اشف سعدا

Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

artinya:
Pak, tolong sembuhkan (nama orang yang sakit). Tn. Heal (nama orang sakit). Pak, tolong sembuhkan (nama orang yang sakit).

Doa dapat diucapkan sebagai alternatif dari segala jenis penyakit.

DOA PENYEMBUHAN MENGUNJUNGI ORANG SAKIT

Doa berikut dapat dibaca ketika Anda mengunjungi orang yang sakit. Melihat bukan hanya tentang membawa makanan enak, buah-buahan, dan banyak lagi. Tetapi kunjungan juga adalah tentang berdoa agar orang yang sakit segera sembuh. Karena doa membuat semua hal sulit menjadi lebih mudah.
Doa berikut ini mengunjungi orang-orang sakit yang dapat membaca Anda:

اللهم رب الناس مذهذب الباس اشفش أنت الشافى لا شافى إلا أنأت, شفاء لا يغادر

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAAAN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

artinya:
Ya Tuhan semua manusia, singkirkan semua jenis penyakit dan sembuhkanlah. Karena hanya Anda yang bisa menyembuhkan dan tidak ada penyembuhan yang datang dari Anda. Ini adalah penyembuhan yang tidak menyebabkan kekambuhan.

Baca Juga :