Definisi Penyakit Tipes (demam tifoid)

Apa itu tifoid (demam tifoid)?

Demam tifoid tifoid adalah penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini biasanya ditemukan dalam air atau makanan yang terkontaminasi. Selanjutnya, bakteri ini juga dapat ditularkan oleh orang yang terinfeksi.

Demam tifoid adalah infeksi bakteri yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi banyak organ. Tanpa perawatan yang tepat waktu dan memadai, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang bisa berakibat fatal.

Orang yang terinfeksi penyakit ini dapat menularkan bakteri melalui kotoran atau urin mereka. Jika orang lain makan makanan atau minum air yang terkontaminasi dengan urin atau tinja yang terinfeksi, penyakit ini bisa menular.

Seberapa umum tifoid (demam tifoid)?

Demam tifoid sangat umum terjadi di negara berkembang, terutama pada anak-anak. Meskipun lebih sering terjadi pada anak-anak, kondisi ini juga dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Tifus biasanya dapat diobati dan dicegah dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan gejala

Apa saja tanda dan gejala tipus (demam tifoid)?
Setelah terinfeksi, tubuh Anda umumnya akan menghadirkan berbagai tanda dan gejala awal seperti:

Demam yang meningkat setiap hari mencapai 40,5 derajat Celcius
Sakit kepala
Lemah dan lelah
Nyeri otot
berkeringat
Batuk kering
Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
Sakit perut
Diare atau sembelit
Ruam
Perut bengkak
Jika Anda tidak menerima perawatan yang memadai, Anda akan mengalami kondisi seperti:

delusi
Berbaring lemah dengan mata setengah tertutup
Terlebih lagi, pada saat kritis ini Anda dapat mengalami berbagai komplikasi yang berpotensi mematikan. Pada beberapa orang, tanda dan gejala dapat muncul kembali dua minggu setelah demam memudar.

Mungkin juga ada tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika ragu tentang gejala tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus ke dokter?
Dianjurkan untuk menghubungi dokter jika Anda mengalami berbagai gejala seperti yang disebutkan. Selain itu, Anda juga harus segera memeriksa diri sendiri jika Anda memiliki penyakit saat mengunjungi negara lain. Jika gejala penyakit kambuh setelah kembali ke rumah, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya.

penyebab

Apa penyebab tifoid (demam tifoid)?
Salmonella typhi adalah bakteri penyebab tipus yang harus diwaspadai. Biasanya bakteri ini menyebar melalui:

Kotoran dan urin
Bakteri Salmonella typhi umumnya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Namun terkadang, bakteri ini juga menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Di negara-negara berkembang, banyak masalah ini muncul karena air minum yang terkontaminasi dan kebersihan yang buruk.

Karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan toilet umum atau orang yang sudah terinfeksi penyakit ini.

Orang yang sudah terinfeksi
Beberapa orang yang sembuh dari demam tifoid dapat menyimpan bakteri ini di saluran usus atau kantung empedu. Bakteri ini juga dapat disimpan selama bertahun-tahun.

Nah, kelas orang ini disebut pembawa kronis karena dapat menginfeksi orang lain walaupun mereka tidak lagi memiliki tanda dan gejala penyakit.

Faktor risiko

Apa yang membuat saya berisiko terkena tifoid (demam tifoid)?
Tip (demam tifoid) adalah salah satu penyakit serius yang mengancam seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang. Alasannya, dilaporkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, ada 22 juta kasus tifus dan 200.000 kematian akibat penyakit ini di seluruh dunia.

Penyakit ini cukup menular di India, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan dan banyak daerah lainnya. Selain itu, anak-anak juga lebih berisiko terkena masalah kesehatan.

Jika Anda tinggal di negara maju di mana demam tifoid jarang terjadi, risikonya lebih besar jika:

Bekerja atau bepergian ke daerah-daerah di mana demam tifoid sering terjadi.
Dia bekerja sebagai ahli mikrobiologi klinis dalam kontak dengan bakteri Salmonella typhi.
Kontak dengan orang yang baru-baru ini terinfeksi demam tifoid.
Air minum yang terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhi.
Komplikasi akibat tipus (demam tifoid)
Apa komplikasi akibat tifus (demam tifoid)?
Komplikasi yang disebabkan oleh demam tifoid biasanya hanya terjadi pada orang yang belum mendapatkan antibiotik yang tepat. Tidak hanya itu, komplikasi dapat timbul jika tipus dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan.

Umumnya, sekitar 1 dari 10 orang akan mengalami komplikasi pada minggu ketiga setelah infeksi. Komplikasi paling umum dari penyakit ini jika tidak diobati, yaitu: Pendarahan dalam tubuh
Biasanya pendarahan internal dari tifus tidak mengancam jiwa. Namun, ini bisa membuat Anda merasa sakit.

Baca Juga :