Dampak Aktivitas Manusia pada Lingkungan Ekonomi

Dampak Aktivitas Manusia pada Lingkungan Ekonomi

Aktivitas manusia di dalam aktivitas lingkungan ekonomi nyatanya terhitung mengundang dampak pada lingkungan. Lingkungan ekonomi adalah lingkungan manusia di dalam hubungan dengan sesamanya di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Standar kualitas lingkungan ekonomi dikatakan baik kecuali kehidupan manusia tercukupi, baik sandang, pangan atau makanan, papan atau daerah permukiman, pendidikan, maupun kebutuhan lainnya.

Indonesia miliki jumlah penduduk yang sangat besar. Dengan jumlah penduduk yang sangat besar ini, bermakna banyak pula kebutuhan yang perlu dipenuhi, layaknya daerah tinggal, makanan, pekerjaan, transportasi, dll. Pertumbuhan penduduk yang pesat berdampak pada aktivitas ekonomi penduduk yang tidak sesuai dengan munculnya masalah sosial, contohnya masalah pengangguran, masalah pendidikan, masalah daerah berolahraga, masalah olah seni, & kemiskinan.

Kemiskinan merupakan suatu suasana yang serba kekurangan. Secara luas kemiskinan itu bisa diamati dari pendapatan yang diterima. Seseorang dikatakan miskin jikalau pendapatan yang diperolehnya tidak bisa memenuhi kebutuhan diri & keluarganya.

Masyarakat miskin tidak mempunyai rumah, pakaian, & makanan yang layak. Makanan yang mereka makan tidak bergizi. Anak-anak dari keluarga miskin banyak yang tidak bersekolah.

Kemiskinan berjalan disebabkan oleh banyak segi di antaranya keterbatasan lapangan pekerjaan & rendahnya tingkat pendidikan. Kemiskinan bisa mengundang masalah lain seperti; masalah kesehatan, pemukiman kumuh merupakan potret kemiskinan, tawuran, & tindak kriminal.

Upaya yang bisa dijalankan untuk menanggulangi kemiskinan di antaranya adalah gunakan program kesegaran gratis & pertolongan pendidikan dari pemerintah, mengikuti pelatihan keterampilan kerja, & mengembangkan inspirasi ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan sebuah rencana ekonomi yang mengintensifkan informasi & kreativitas dengan mengandalkan inspirasi sumber energi manusia sebagai segi produksi utama di dalam aktivitas ekonomi.

Industri kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri atas beraneka jenis industri yang masing-masing miliki keterkaitan di dalam proses pengeksploitasian inspirasi menjadi nilai ekonomi tinggi yang bisa menciptakan kesejahteraan. Misalnya; mengembangkan industri rumah tangga & kerajinan, dan juga mengembangkan seni pertunjukkan rakyat sebagai energi tarik wisata.

Kemiskinan merupakan tanda-tanda sosial yang ada di tiap-tiap wilayah. Masalah itu sukar diatasi dengan cuma mengandalkan kemampuan pemerintah. Kepedulian pada sesama bisa mendukung saudara kita yang hidupnya kurang untungkan atau miskin.

Demikianlah ulasan mengenai Dampak Aktivitas Manusia pada Lingkungan Ekonomi, yang pada kesempatan kali ini bisa dibahas dengan lancar & singkat. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat & untuk kurang lebihnya mohon maaf. Cukup sekian & hingga jumpa.

baca juga :