Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam 5/5 (1)

Posted on

Hal itu tidak terlepas dari ada kejadian alam atau sosial yang terjadi di sekitar lingkungan, di mana selalu ada jalinan di antara sebuah karena karena dan proses. Oleh karena itu, karena ada teks eksplanasi, tiap detil dari peristiwa yang terjadi di seputar bukan hanya dilihat atau dirasa saja, tetapi teks eksplanasi akan menolong untuk jadikan sebuah kejadian sebagai bahan evaluasi.

Jika melihat pemahaman teks eksplanasi menurut Mahsun, teks eksplanasi ialah formasi sebuah susunan yang terdiri dari beberapa bagian yang menunjukkan pengakuan umum (pembukaan), jejeran keterangan (isi), dan interpretasi (penutup).

Pengetian Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Di bagian pengakuan umum berisi info singkat mengenai apa yang dibahas. Lantas pada bagian jejeran keterangan berisi posisi rincian atau keterangan mengenai kejadian yang terjadi. Seterusnya, sisi interpretasi berisi opini singkat penulis mengenai kejadian yang terjadi, di mana sisi ini sebagai penutup teks eksplanasi yang bisa untuk tercantum atau mungkin tidak.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Beberapa ciri yang dipunyai sebuah teks eksplanasi sebagai berikut ini:

  1. a. Mempunyai arah untuk memberikan keterangan detil mengenai sebuah kejadian atau peristiwa.
  2. b. Teks eksplanasi ialah tipe text non-fiksi yang ada data, bukti, dan pendapat yang rasional.
  3. c. Karakternya faktual, tujuannya teks eksplanasi berisi semua info yang memiliki sifat bukti dan ilmiah.
  4. d. Teks eksplanasi ialah tipe text yang informatif, di mana mempunyai arah untuk memberi info.
  5. e. Teks eksplanasi memakai kalimat yang mengatakan jalinan urutan atau posisi, seperti pertama, ke-2 , kemudian, seterusnya, dan lain-lain.
Baca Juga:  Khutbah Jumat Bulan Ramadhan

Susunan Text Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi ada susunan yang terbagi dalam pengakuan umum, selanjutnya diteruskan dengan posisi karena karena, lalu disudahi dengan interpretasi. Agar semakin pahami secara dalam mengenai susunan dari teks eksplanasi sebagai berikut ini:

1. Pengakuan Umum

Pada susunan umum, ada keterangan umum mengenai peristiwa yang bakal diulas. Pengakuan umum itu bisa berbentuk pengenalan peristiwa tersebut atau penuturannya. Keterangan umum yang ditulis dalam text itu dapat berbentuk kisah pada umumnya mengenai apa, kenapa, dan bagaimana dari proses sebuah kejadian dapat terjadi.

2. Penjelasan

Sisi ini berisi mengenai keterangan proses kenapa peristiwa itu dapat terjadi atau terbentuk dan dapat terdiri lebih satu paragraf. Pada jejeran penjelas menggambarkan dan menguraikan pemicu dan akibatnya karena sebuah kejadian yang terjadi.

3. Interpretasi (opsional)

Sisi text penutup in isifatnya opsional, atau dapat diselenggarakan atau mungkin tidak. Text penutup yang diartikan ialah, text yang disebut intisari atau ringkasan dari sebuah pengakuan umum dan jejeran penjelas. Sedang segi opsionalnya bisa berbentuk respon atau ambil ringkasan atas pengakuan yang ada pada text itu.

 

Sumber :
1. Teks Yang Menjelaskan Peristiwa Ilmiah dan Sosial Disebut

2.  Kata Baku Frekuensi

Please rate this