Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

 

Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina
Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

Tahukah Anda TNW’s Couch Conference memiliki trek yang sepenuhnya didedikasikan untuk mengeksplorasi tren desain baru tahun ini? Lihat program ‘Sprint’ lengkap di sini.

Setelah memulai MING Labs di Cina pada tahun 2011, kami telah melihat perkembangan besar dari dunia internet lama dari halaman arahan yang penuh muatan, hingga produk digital dari desain terdefinisi kelas dunia saat ini. Secara paralel, kita telah melihat perubahan dari aplikasi desktop yang kikuk dengan basis pengguna yang kecil, ke revolusi B2C pertama-mobile ke munculnya aplikasi super yang merupakan ekosistem baru yang mencakup semua di pasar.
Konferensi TNW Couch

Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti
DAFTAR SEKARANG

Sepanjang perubahan besar dalam produk dan perilaku digital, beberapa preferensi tetap konstan yang berbeda dari yang ada di pasar Barat. Memahami apa yang sebenarnya berbeda, dan apa yang hanya merupakan tahap perkembangan yang berbeda, merupakan faktor penting ketika meluncurkan produk Anda di pasar. Dari perbedaan utama dalam persyaratan UX hingga preferensi untuk ekosistem yang lebih besar dan pemahaman nilai yang berbeda, Cina unik dalam banyak aspek (seperti pasar lainnya, pastinya).

Selama bertahun-tahun, kami telah membantu banyak startup dan perusahaan multinasional untuk meluncurkan produk mereka, dibuat dan divalidasi di pasar rumah mereka, ke pasar Cina.

Dengan demikian kami telah melihat banyak perbedaan dalam tindakan dan sampai pada kesimpulan tertentu tentang apa yang harus dilakukan dengan pendekatan penskalaan yang baik ke Cina.

Baca: [Desain yang baik harus inklusif dan dapat diakses – tapi apa bedanya?]

Karenanya artikel ini terutama ditujukan untuk mereka yang berpikir tentang, ditugaskan, atau secara aktif bekerja untuk memperluas pasar Cina, dan yang bertanya-tanya apa artinya itu bagi produk dan layanan digital mereka.
Orang yang menjelajahi Taobao
Orang yang menjelajahi Taobao
Tiga opsi dalam adaptasi

Ketika meluncurkan di pasar baru yang memiliki beberapa perbedaan penting dari pasar rumah Anda, pada

dasarnya Anda memiliki tiga pilihan dalam adaptasi produk.

1. Minimal

Paling tidak Anda harus menerjemahkan antarmuka ke bahasa Mandarin, agar produk Anda dapat diakses. Selain itu, mungkin ada persyaratan hukum tertentu untuk industri Anda, Anda harus beradaptasi jika Anda ingin melakukan bisnis di Cina. Mengganti teknologi tertentu mungkin juga diperlukan, untuk dapat melewati Great Firewall (banyak layanan Barat diblokir).

2. Dlokalisasi

Pada tahap ini, Anda mungkin mendesain ulang UX produk Anda agar sesuai dengan selera pasar lokal atau Anda dapat memindahkan produk Anda ke platform lokal (seperti ekosistem WeChat dan Alibaba). Dalam Pemasaran, Anda juga dapat menyesuaikan olahpesan Anda untuk menekankan poin yang akan beresonansi lebih banyak dengan pelanggan Cina.

3. bisnis Cina

Dalam beberapa kasus, mungkin perlu atau menguntungkan untuk memutar target audiens atau model bisnis Anda, yang akan menghasilkan cara yang sangat berbeda dalam melakukan bisnis. Penciptaan nilai inti Anda mungkin masih relevan, namun bagian lain dari bisnis ini harus berubah secara drastis. Kami menyebutnya “Bisnis Cina” karena operasi lokal akan sangat berbeda dengan operasi Anda yang lain dalam pendekatan yang berfokus pada Cina.

Imbalannya di sini adalah bahwa dengan kustomisasi Cina yang meningkat Anda mengurangi Economies of Scale

Anda, karena bisnis yang sangat lokal tidak akan terukur ke pasar lain dan akan membutuhkan banyak sumber daya lokal yang berdedikasi, yang pembelajarannya tidak dapat Anda manfaatkan dalam ekspansi global Anda. Pada saat yang sama, tingkat kustomisasi yang rendah akan tetap sangat skalabel, namun mungkin tidak menghasilkan kesuksesan karena ini adalah pasar yang sangat spesifik.
Gambar malam dari sebuah jembatan besar dan terang di Cina
Gambar malam sebuah jembatan besar yang menyala di China Foto oleh Toby Yang di Unsplash

Pertukaran dan keputusan itu tidak berarti sepele. Menemukan jawaban yang baik biasanya membutuhkan pemikiran dari seorang pemula (kembali ke tahap Eksplorasi) dan terlebih dahulu menguji produk Anda dan proposisi nilai secara lokal.

Anggaplah Anda telah kehilangan produk-pas-pasar saat memasuki Cina, dan mulai lagi dengan pikiran terbuka, riset lokal, dan iterasi cepat ke pendekatan yang tepat.

Di bagian berikutnya, kami akan menganggap bahwa Anda telah sampai pada kesimpulan Anda dan Anda memilih untuk pendekatan yang dilokalkan (karena Minimal adalah lurus ke depan dan Bisnis Cina menuju ke Desain Bisnis). Lalu apa perbedaan dalam desain UX dan platform lokal yang harus Anda perhatikan dan adaptasi?
Perbedaan Budaya Itu Penting

Beberapa preferensi dalam desain dan interaksi berakar pada budaya Cina. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang membuat perbedaan besar:

1. Kolektivisme

Pada skor internasional untuk budaya Individualistis versus Kolektivisme, Cina mendapat nilai tertinggi dalam skala Kolektivistik. Ini berarti bahwa setiap konteks tentang kelompok, unit yang lebih besar, dan menyimpang dari norma-norma kelompok atau menonjol tidak diinginkan. Demikian pula, persetujuan kelompok dan komunikasi tingkat tinggi dan konteks sosial juga penting.

2. Budaya Konteks Tinggi

Budaya Cina, sebuah

Baca Juga: