BUDIDAYA SAWI

BUDIDAYA SAWI

BUDIDAYA SAWIBUDIDAYA SAWI

SEKILAS TENTANG TANAMAN SAWI

Menanam / budidaya sawi ,Tanaman Sawi adalah tanaman hortikultura yang mempunyai umur relative pendek .Sawi dapat dipanen mulai umur 35 hst.tanaman ini dimanfaatkan bunga dan daunnya sebagai bahan pangan ( sayuran ) segar maupun olahan.

Tanaman sawi dapat tumbuh didataran rendah sampai tinggi hingga mencapai ketinggian 1200 m dpl dengan suhu udara 19 � 33 derajat Celsius.tanah sebagai media hidup yang dibutuhkan antara lain tanah lempung , lempung berpasir,tanah branjangan ,tanah humus, tanah vulkanik ,dan tanah yang mengandung bahan organic , ph tanah 5,6-7 ,curah huajn sedang serta memerlukan penyinaran matahari minimal 9 jam per hari dan drainase yang baik.

PENANAMAN SAWI

PERSIAPAN LAHAN

Lahan/ sawah digemburkan dengan di cangkul atau di bajak sedalam 30 cm -40 cm ,kemudian taburi bokasi dari kotoran ternak 10 ton/ hektar. Buat bedengan dengan tinggi 30 cm lebar 80 cm , jarak bedengan 50 cm.

PENANAMAN

Bedengan dialiri air hingga penuh kemudian buang air/tiriskan air hingga tinggal 1/3 dari tinggi bedengan .buat larikan diatas bedengan dengan jarak 20 cm .kemudian sebarkan tipis bibit sawi di larikan yang telah dibuat dan tutup dengan brambut ( kulit buah padi) untuk menjaga bibit sawi agar tidak terlempar/ meletik bila tiba- tiba hujan turun.

Gb 1. Tanaman sawi umur 10 hst.

PEMUPUKAN

Pemupukan pertama dilakukan pada saat umur tanaman mencapai 15 hst komposisi nya : Urea 140 kg/ha + phonska 100 kg/ha,+ furadan 10 kg/ha

cara pemupukan: campuran pupuk disebar diantara tanaman sawi .kemudian bedengan dialiri air hingga penuh kemudian cepat buang airnya agar kelembaban tanah terjaga.

Pemupukan kedua : dilakukan pada saat umur tanaman mencapai 25 hst komposisinya :Urea 180kg/ha + phonska 115 kg/ ha ,cara pemupukan sama seperti pada pemupukan pertama.

PERAWATAN

Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan 2 minggu sekali .Untuk pengairan dilakukan 1 minggu sekali atau apabila bedengan terlihat kering.

Gb. Tanaman sawi umur 28 hst.

HAMA DAN PENYAKIT

Hama yang menyerang tanaman sawi antara lain : Ulat Tanah (Agrotis sp), Ulat Grayak (Spodoptera litura dan Spodoptera exigua), Ulat Perusak Daun (Plutella xylostella), Leaf Miner (Liriomyza sp.) untuk mengendalikan nya antara lain : untuk ulat tanah taburkan furadan ke sela tanaman , untuk ulat grayak dan ulat perusak daun semprot dengan insektisida berbahan aktif sipermetrin dan untuk leaf miner semprot dengan insektisida berbahan aktif abamectin.

Penyakit yang menyerang tanaman sawi antara lain : Busuk Daun (Phytoptora sp.) Penyakit Akar Gada (Plasmodiophora brassicae) ,Untuk mengendalikannya semprot dengan insektisida berbahan aktif : iprodium ,propinep.

 

 

Sumber: https://rajasatour.id/bocoran-tampak-depan-iphone-8-beredar/