BANDARA KUALANAMU

BANDARA KUALANAMU

BANDARA KUALANAMU

BANDARA KUALANAMU

Bandara Internasional Kualanamu atau Kualanamu International Airport merupakan

bandara yang terletak di Medan. Bandara ini berhasil mencuri perhatian karena kemegahan, kesibukan, dan fasilitas yang dimiliki. Bandara Internasional Kualanamu awalnya dibangun untuk menggantikan salah satu bandara yang sudah tidak bisa lagi menampung penerbangan yang banyak, ialah Bandara Polonia.

Kualanamu yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Indonesia ini memilikijarak sekitar 26 km ke arah timur dari pusat kota Medan dan dinobatkan sebagai bandara internasional yang akan melayani penerbangan dari dan menuju kota Medan, Sumatra Utara. Bekas area PT PN II Tanjung Marowa yang luas menjadikan bandara ini sebagai salah satu bandara terbesar.

Perencanaan pembangunan Bandara Kualanamu sudah dilakukan sejak 1 Agustus 1997. Terbentur oleh adanya krisis moneter membuat perencanaan menjadi tertunda. Namun, setelah adanya kecelakaan yang juga menewaskan

Gubernur Sumatra Utara kala itu serta beberapa warga sipil membuat perencanaan pembangunan kembali muncul.
Kecelakaan yang terjadi pada 5 September 2005 dan menyebabkan kematian dan kerusakan rumah tersebut karena letak bandara yang terlampau dekat dengan pemukiman. Di saat yang sama, kapasitas bandara Polonia kala itu sudah melebihi batasnya yang menyebabkan perlunya adanya pemindahan bandara.

Pembangunan diawali dengan pembebasan lahan oleh Angkasa Pura II pada tahun 2006 bulan november. 5 tahun setelahnya pada tahun 2011, bandara kualanamu terlah selesai 70%. Hingga awal tahun 2013, bandara telah selesai hingga 95% dan dibuka pada 25 juli 2013. Peresmian operasional bandara oleh presiden RI kala itu, Susilo Bambang Yudhyono pada 27 maret 2014.

Selama tahap I bandara internasional Kualanamu dapat menampung hingga 8,1 juta penumpang serta 10000 pergerakan pesawat per tahunnya. Dan setelah selesai tahap II, bandara Kualanamu akan menampung hingga 25 juta penumpang per tahunnya. Terminal yang akan dibangun kurang lebih sekitar 6,6 ha dengan area komersial 3,5 ha & fasilitas kargo kurang lebih sekitar 1,3 ha.

Landasan pacu yang dimiliki oleh bandara internasional Kualanamu sepanjang 2,75 km dan pas untuk beberapa pesawat seperti Boeing 777 dengan 8 garbarata. Meskipun fasilitas belum semuanya terpasang, bandara ini sudah bisa dilewati oleh pesawat penumpang seperti Antono An-225, Airbus A380, dan Boeing 747-8.

Bandara Internasional Kualanamu yang bergaya artistik khas Sumatera Utara menjadikan bandara ini semakin eksotis dan megah.


Sumber: https://www.thorhammer.co.id/dragon-ball-z-apk/