Bahasa Indonesia Merupakan Kekuatan Bangsa

Bahasa Indonesia Merupakan Kekuatan Bangsa

Bahasa Indonesia Merupakan Kekuatan Bangsa

Bahasa Indonesia Merupakan Kekuatan Bangsa
Bahasa Indonesia Merupakan Kekuatan Bangsa

Subbagian Tata Usaha Balai Bahasa Jawa Barat, Ardianto Bahtiar, membuka secara resmi

Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2019 (Dubas Pelajar Jabar 2019) pada Kamis, 5 September 2019, di Hotel El Royale Bandung. Dalam sambutannya, Ardianto kembali menegaskan bahwa semboyan Balai Bahasa Jawa Barat yang berbunyi “Bahasa daerah itu pasti, Bahasa Indonesia itu wajib, dan Bahasa asing itu perlu” merupakan salah satu kekuatan bangsa Indonesia. Lebih lanjut Ardianto mengatakan bahwa kesaktian kita dalam berbangsa dan bernegara adalah karena kita memiliki perbedaan bahasa, perbedaan suku, perbedaan agama, tetapi mau bersama-sama membangun sebuah bangsa, tanah air, dan negara Indonesia. “Bahasa sangat penting sebagai sebuah keunikan yang dimiliki manusia dan keberagaman bahasa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kekuatan bangsa Indonesia”, kata Ardianto.

Kegiatan Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2019 yang mengusung tema “Menguatkan Literasi Generasi Muda ini”

ini merupakan kegiatan tahunan Balai Bahasa Jawa Barat selain, Duta Bahasa Jawa Barat tingkat remaja. Sariah, Ketua Panitia Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2019, mengatakan bahwa jumlah pendaftar pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2019 sebanyak 684 siswa perwakilan dari SMA/SMK/MA di Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Menurut Sariah, dari jumlah tersebut dipilih 150 peserta melalui seleksi esai yang mereka kirimkan kepada panitia. Keseratus lima puluh peserta yang lolos tersebut kemudian akan mengikuti tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Kemahiran Berbahasa Asing (UKBA), membuat esai dalam tiga bahasa (daerah, Indonesia, asing), serta wawancara. Seleksi tersebut dilakukan untuk memilih 40 peserta terbaik yang selanjutnya akan mengikuti babak final.

Sariah mengatakan bahwa sebelum dilaksanakan babak final pada 16 September 2019

yang juga akan dilaksanakan di hotel El Royale Bandung, keempat puluh peserta terbaik harus mengikuti pembekalan bahasa di Balai Bahasa Jabar (12—13 September 2019) dan “Malam Bakat” (14 September 2019) di Saung Angklung Udjo. “Dari 40 finalis, akan ditentukan Juara I, II, II, Harapan I, II, dan Juara Media Sosial”, kata Sariah.

Sariah juga menambahkan bahwa tujuan diadakan Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2019 di antaranya adalah untuk mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia, berbahasa daerah, dan berbahasa asing, serta meningkatkan perhatian dan wawasan generasi muda terhadap pelestarian bahasa daerah. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan literasi di kalangan generasi muda”, kata Sariah. (*)

 

Baca Juga :