Ayat tentang lailatul qadar 5/5 (1)

Posted on

Ayat tentang lailatul qadar terdapat pada QS. Al-Qadr (Kemuliaan) 5 ayat yang menceritakan Turunnya Al-quran dan kemulyaannya

Ayat tentang lailatul qadar

Pengertian Malam Lailatul Qadar

Lailatul qadar artinya Malam Kemulyaan yang dimana malam lailatul qadar disebut Malam Lebih baik daripada seribu bulan, Seperti yang sudah di terangkan dalam Ayat  QS. Al-Qadr:1-5 yang menerangkan tentang kemulyaan malam itu.

Malam lailatul qadar adalah malam dimana diturunkkannya Kitab Suci Al-Quran sebagaia Mana Di terangkan dalam Ayat diatas yang artinya :

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
4. Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
5. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Baca Juga : Keistimewaan Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan

Kapan malam lailatul qadar

mungkin di benak kita terdapat Pertanyaan: Kapan malam lailatul qadar ? Malam lailatul qadar jatuh pada tanggal brapa?

Kita sedikit akan mencari jawabanya tentang  lailatul qodar yang menjadi pertanyaan bagi kita semua, guna sebagai menambah wawasan kita tentang malam lailatul qodar, Saya pernah Mendengar Tentang Malam Akan turunnya lailatul qodar yaitu turun pada Malam Gajil di Bulan Ramadhan Mulai dari 15 hari terakhir Ramadhan tahun 2021

Berarti Terhitung Mulai Tanggal 17,19,21,23,25,29 dan pada malam itu malaikat jibril akan diutus Kebumi untuk Mengatur Semua Urusan sesuai dengan keterangan Surah diatas Ayat 4.

Hadits

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

 

Menurut Pemaham Penulis, Barang Siapa yang berdo’a bermunajat kepada allah SWT khusus di 10 hari Terahir Bulan Ramadhan dan apalagi pas malam lailatul qodar maka semua Hajat dan doanya di Ijabah Oleh allah SWT dengan Secapat Mungkin dan dalam Waktu yang tepat Pula.

Baca Juga:  Alight Motion Pro MOD APK

Pada ayat ke lima di gambarkan bahwa lailatul qodar terjadi mulai dari pertengahan malam sampai waktu fajar, jadi perbanyaklah sholat malam ketika di malam-malam ganjil pada bulan suci Ramadhan ini. Dan semoga allah Memberikan Kesempatan kepada kita untuk Menemukan Malam lailatul qodar.

Tidak ada yang lebih mengetahui kecuali allah, maka Perbanyaklah berdo’a semoga allah Memberikan kesempatan kepada kita untuk Dapat Menikmati kemulyaan malam lailatul qodar.

Baca Juga : Tata Cara Mandi Wajib Di Bulan Ramadhan

Tanda Malam Lailatul Qadar

Menurut Hadits :

Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi)

Pada Malam itu, Udara menjadi Sejuk dan Sekitar Kita menjadi Tenang, Penuh Dengan Kelembutan dan pada paginya akan melihat awah yang Cerah dan lembut.

Itulah yang Penulis dapat Ceritakan tentang Malam lailatul qodar dan Ayat tentang lailatul qadar serta hadits yang berhubungan, Sebenarnya banyak sekali hadits yang menjelaskan Keutamaan Malam Lailatul qodar, Tetapi Sebanyak apapun Penjelasan ini rasanya tidak akan pernah cukup untuk menggambar betapa indahnya Malam lailatul qodar.

Semoga allah menolong kita agar dapat berjumpa dengan malam lailatul Qodar. Amin ya robbal ‘alamin.

 

Please rate this