Alasan Terbentuknya SDGs

Alasan Terbentuknya SDGs

Alasan Terbentuknya SDGs

Alasan Terbentuknya SDGs

Menurut T Brundtland Commission of the United Nations pada tahun 1987

yang dikatakan sebagai Sustainable Development atau pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang dapat mencakup kebutuhan orang banyak di  masa depan tanpa menyepelekan kemampuan generasi mendatang untuk menggapai segala kebutuhannya (UNDP, 2015).


SDGs, Sustainable Development Goals atau yang dikenal sebagai Global Goals, dibuat berdasarkan 8 tujuan MDGs yang dilaksanakan pada tahun 1990-2015. MDGs mencakup isu memberantas kemiskinan, kelaparan, penyakit, ketidaksetaraan gender, dan akses terhadap sanitasi. Dibalik kesuksesan MDGs, ternyata secara global kemiskinan belum terhapuskan secara  menyeluruh (UNDP, 2015).


Global Goals hadir untuk melangkah lebih maju dibandingkan dengan MDGs, mengacu kepada akar dari masalah kemiskinan dan kebutuhan yang universal untuk berkembang yang berguna dan dibutuhkan oleh seluruh warga dunia. Global Goals bertujuan untuk menyelesaikan MDGs yang tertinggal, dan menjamin bahwa tidak ada hal lain yang tertinggal dibelakang. SDGs atau Global Goals menjadi suatu program yang lebih menyeluruh dan mendetail karena merupakan gabungan dari Global Sustainability Objects / GSO dan MDGs (The Global Goals, 2015).


SDGs diadakan untuk mencakup kebutuhan seluruh warga dunia yang lebih mendetail dan menyeluruh, dibandingkan dengan MDGs. SDGs juga tidak memandang kondisi suatu negara, pada lingkungan maupun  ekonominya, untuk dibantu dengan program Development Goals secara menyeluruh. Di dalam SDGs juga terdapat beberapa tujuan yang dikembangkan dari indikator tujuan MDGs, contohnya antara lain (UNDP, 2015):


  • Tujuan pertama MDGs (Menanggulangi Kemiskinan dan Kelaparan Ekstrim) mencakup kedua fokus yang berbeda yaitu kemiskinan dan kelaparan, sedangkan pada SDGs kedua fokus itu dijadikan dua tujuan yang berbeda yaitu pada tujuan pertama SDGs (No Poverty) dan tujuan kedua SDGs (Zero Hunger)
  • Tujuan keempat, kelima, dan keenam MDGs terkait kesehatan (Menurunkan Angka kematian Anak, Meningkatkan Kesehatan Ibu, dan Memerangi HIV/AIDS, Malaria dan Penyakit Lain) tdak terdapat di SDGs dan digantikan dengan Good Health and Well Being yang mencakup kesehatan secara keseluruhan (mencakup kesehatan ibu, penyakit-penyakit, kematian anak, dll) pada tujuan ketiga SDGs
  • Tujuan ketujuh MDGs (Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup) memiliki beberapa indikator yang penting seperti proporsi rumah tangga yang mendapat air minum layak kini menjadi tujuan keenam SDGs, indikator terkait rumah tangga kumuh perkotaan kini menjadi tujuan kesebelas SDGs.

Baca Juga :