6 Jenis Susu yang Aman Dinikmati saat Hamil

Susu terbaik

6 Jenis Susu yang Aman Dinikmati saat Hamil

Susu terbaik
Susu terbaik

Kebutuhan nutrisi saat hamil

Kebutuhan nutrisi saat hamil adalah hal penting yang wajib dipenuhi. Karena, selain utuk kesehatan sang ibu, nutrisi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Salah satu cara mudah dan enak untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian bumil adalah minum susu. Ternyata tidak hanya susu sapi saja lho yang bisa Anda nikmati saat hamil. Beberapa jenis susu yang memiliki rasa berbeda bisa jadi variasi untuk menemani masa kehamilan Anda.

Apa saja ya jenis susu yang aman dikonsumsi bumil? Ini 6 pilihan jenis susu untuk para wanita hamil:

 

Susu Sapi

Susu yang paling umum dikonsumsi semua orang ini memang enak dan banyak penggemarnya ya, Moms. Bentuknya pun bisa beragam, mulai dari susu cair segar, bubuk, atau bahkan kental. Tak hanya bentuknya yang beragam, jenisnya pun banyak: ada susu utuh (whole milk), susu bebas lemak, atau susu skim.

Susu sapi sendiri memiliki asam amino yang dapat membantu pembentukan sel dalam tubuh ibu dan janin. Vitamin D juga bagus untuk menangkal diabetes dan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kandungan vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan kalsium dalam susu sapi juga tinggi, yaitu 285mg sehingga baik untuk kesehatan tulang. Dengan meminum segelas susu sapi setiap hari dapat menjaga kesehatan mata dan sistem tubuh Anda dan bayi dalam kandungan.

Susu Kambing

Meski aroma dari susu kambing cukup kuat dan khas, namun kandungan gizinya juga baik untuk Anda dan janin. Biasanya disajikan sebagai susu organik, susu segar, atau melalui proses UHT.

Kandungan protein dalam susu kambing lebih tinggi dibanding susu sapi. Selain itu, susu ini rendah lemak mentega dan memiliki lebih banyak vitamin B2. Vitamin ini dapat merangsang produksi antibodi dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Lemak diet atau MCT di dalamnya membantu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses metabolisme serta menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan kalsium dalam susu kambing juga cukup tinggi, sekitar 283mg dan baik juga untuk kesehatan tulang.

Susu Kedelai

Bagi Anda yang alergi terhadap laktosa, bisa mengganti konsumsi susu sapi dengan susu atau sari kedelai. Kandungan proteinnya pun hampir setara dengan susu sapi sehingga pas dijadikan sebagai pengganti. Susu ini juga bebas lemak, serta diperkaya serat dan kalsium.

Sari atau susu kedelai ini bebas kolesterol dan memiliki kandungan lemak momosaturated dan polysaturated yang membantu melawan penyakit kardiovaskular. Antioksidan di dalamnya juga dapat melawan sel kanker dalam tubuh. Sebagai tambahan, kandungan kalsium di dalamnya mencapai 300mg, Moms.

Susu Padi

Susu yang juga dikenal di Indonesia sebagai susu beras ini juga ternyata baik dikonsumsi saat hamil, Moms. Kandungan vitamin B di dalamnya cukup tinggi, namun tetap rendah lemak. Meski susu padi tergolong rendah protein, namun susu ini juga mengandung lebih banyak antioksidan dibanding susu lainnnya, lho!

Dengan kandungan di atas, susu padi mampu mengatasi penyakit berupa selenium dan mangan bila dibandingkan dengan pilihan susu lainnya. Namun, perlu diingat bagi Anda yang menderita diabetes agar tidak mengonsumsinya. Sebab, susu ini mengandung 4 kali lebih banyak karbohidrat dibanding susu sapi.

Susu Almond

Susu Almond bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak toleran terhadap kedelai atau gluten. Kandungannya kaya akan asam folat, serat, protein, vitamin B, kalsium, zat besi, dan vitamin E.

Susu ini juga bebas lemak jenuh, kolesterol, dan rendah kalori. Kandungan antioksidan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan sang bayi.

Susu Gandum

Ternyata gandum juga bisa dijadikan sebagai susu. Fungsinya untuk mencegah sembelit selama fase kehamilan. Konsumsi susu gandum juga dapat mengontrol keinginan untuk makan, memonitor kadar gula dalam darah, serta membantu mengangkut oksigen dalam sel.

Sumber : https://merkterbaik.com/